Mudah-mudahan dengan Vaksin, Masyarakat Bisa Hidup Seperti Sediakala

Siswanto
Mudah-mudahan dengan Vaksin, Masyarakat Bisa Hidup Seperti Sediakala
Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya segera menyelesaikan timeline pelaksanaan vaksinasi dengan memerhatikan sejumlah hal pendukung.

Suara.com - Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, berharap vaksin COVID-19 dapat membuat masyarakat kembali hidup seperti sediakala dan bisa beraktivitas.

"Mudah-mudahan dengan vaksin kita kembali bisa hidup seperti sediakala dan bisa beraktifitas sesuai dengan kehidupan kita sehari-hari selama ini," ujar Arya Sinulingga dalam akun resmi Youtube Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Arya mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan dan berharap semoga uji klinis ini berhasil sehingga perusahaan BUMN bisa mulai memproduksi vaksin Corona serta mulai bisa disuntikkan kepada masyarakat Indonesia.

"Memang sedang proses belum menjadi produk, tapi karena sangat penting bagi kita saat ini maka kita perlu sangat memantau tahap demi tahap yang sedang dikerjakan," katanya.

Baca Juga: OTG Terus Bertambah, RSD Wisma Atlet Kini Rawat 2.242 Pasien Corona

Menurut Arya  saat ini ada sekitar 1.620 relawan yang sudah disuntik satu kali. Sebenarnya ada 1.800 relawan yang hadir dan mau disuntik, tapi hanya menerima 1.620 relawan.

Dari 1.620 ini sebanyak 671 relawan sudah dalam tahap monitoring , kemudian 540 diantaranya sudah menjalani tahap pemeriksaan Imunogenisitas.

"Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengetahui apakah kekebalan relawan yang disuntik tersebut sudah muncul," kata Arya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya segera menyelesaikan timeline pelaksanaan vaksinasi dengan memerhatikan sejumlah hal pendukung.

Presiden meminta jajarannya segera merumuskan rencana vaksinasi per wilayah dan siapa saja individu yang memeroleh vaksinasi, termasuk juga siapa saja yang mendapatkan secara gratis dan siapa yang harus membayar.

Baca Juga: Ini Berbagai Kebijakan Kemendikbud Permudah Belajar Siswa Selama di Rumah

Kepala Negara juga meminta dilakukan pelatihan dan simulasi, baik oleh tenaga kesehatan maupun tenaga keamanan atau relawan yang nanti dilibatkan dalam pelaksanaan vaksinasi. [Antara]

Komentar