Marak Begal Sepeda, Wagub DKI Minta Masyarakat Perbanyak Siskamling

M. Reza Sulaiman
Marak Begal Sepeda, Wagub DKI Minta Masyarakat Perbanyak Siskamling
Anies Baswedan naik sepeda bersama Ariza Patria (Instagram @aniesbaswedan)

Maraknya kasus begal sepeda akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Untuk mencegah begal, masyarakat diminta mengaktifkan kembali siskamling.

Suara.com - Maraknya kasus begal sepeda akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Untuk mencegah begal, masyarakat diminta mengaktifkan kembali sistem keamanan keliling alias Siskamling.

"Jadi, tentu dari masyarakat tentu kita harus hati-hati, terus menggalakkan kerja sama yang baik, supaya peduli pada keamanan, mungkin kita akan galakkan kembali, giatkan kembali siskamling atau apa pun bentuknya," ucap Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta, Selasa (27/10/2020) malam.

Jika ada partisipasi masyarakat, bersama dengan pemerintah untuk bersama-sama, kata Riza, hal itu bisa memastikan bahwa Jakarta ini aman.

"Karenanya itu butuh dukungan dari masyarakat, tentu yang tidak kalah penting adalah kehadiran aparat untuk dapat memastikan Jakarta ini aman, aparat memastikan ditegakkannya aturan disiplin penertiban dan diberi sanksi siapapun yang bersalah," ujar Riza.

Baca Juga: Marak Aksi Begal Sepeda, Polda Metro Jaya Bentuk Tim Khusus

Lebih lanjut, Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya.

"Ya memang kami sudah mendengar beberapa kejadian di wilayah DKI Jakarta, kami sudah koordinasi dengan aparat keamanan aparat hukum dengan Pak Kapolda dan lain sebagainya untuk sama sama kita segera atasi," ujar Riza.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menyarankan pemerintah daerah bisa membuat kebijakan yang lebih preventif untuk mengantisipasi hal ini terjadi lagi di masa mendatang.

Aziz menyebut hal itu bisa dengan memperbanyak Close Circuit Television (CCTV), patroli keamanan dari Dinas Perhubungan bekerjasama dengan kepolisian serta Satpol PP.

"Karena ini cukup mencemaskan warga juga. Kalau ada CCTV di daerah-daerah rawan kan bisa paling tidak mengurangi atau juga mencegah orang-orang yang ingin berperilaku kriminal," ujar Aziz.

Baca Juga: Pemprov DKI Kembali Berlakukan PSBB Transisi Pada 26 Oktober Mendatang

Sementara untuk warga, Aziz menerangkan harus lebih tanggap dan berhati-hati di daerah-daerah rawan, jangan sampai bersepeda seorang diri.

Komentar