alexametrics

Kaleidoskop 2020: Peristiwa Politik Setahun, Perpu Covid, Resuffle Kabinet

Rifan Aditya
Kaleidoskop 2020: Peristiwa Politik Setahun, Perpu Covid, Resuffle Kabinet
Ilustrasi pilkada serentak 2020 dan Covid-19. [Suara.com/Eko Faizin]

Berikut adalah kaleidoskop 2020: peristiwa politik setahun yang mungkin perlu Anda ingat.

Suara.com - Tahun 2020 segera berakhir. Pada awal tahun 2020, Pandemi Covid-19 melanda dunia dan menyebabkan beragam hal terganggu. Termasuk dunia politik Indonesia, meskipun begitu, ada saja peristiwa politik di tahun 2020 yang menjadi perhatian publik. Berikut adalah kaleidoskop 2020: peristiwa politik setahun yang mungkin perlu Anda ingat.

1. Pengesahan Perpu Covid-19

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan dan Stabilitas Sistem Keuangan diterbitkan oleh pemerintah pada awal April 2020. Perpu mini menuai kritik karena dianggap memuat pasal kekebalan hukum bagi pelaksana Perpu dalam kebijakan penanganan Covid-19.

Meskipun menuai protes, DPR mengesahkan perpu tersebut menjadi Undang-undang. Aturan ini menjadi UU Nomor 2 Tahun 2020.

Baca Juga: KPK Rekomendasikan Pembelian Vaksin Covid-19 Tunggu Hasil Uji Klinis 3

2. Gejolak RUU HIP

Massa penolak RUU HIP demonstrasi di depan gedung MPR. (Suara.com/Peter Rotti)
Massa penolak RUU HIP demonstrasi di depan gedung MPR. (Suara.com/Peter Rotti)

Pada awal tahun 2020 sudah mulai muncul gejolak politik dan ideologi karena adanya pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) oleh Dewan Perwakilan Rakyat. RUU ini dibahas mulai Februari 2020.

Sejumlah aksi demokrasi terjadi untuk menolah RUU HIP. Aksi demokrasi diramaikan oleh kelompok gabungan ormas Islam bernama Alinasi Nasional Anti-komunis (Anak NKRI). Tergabung juga Front Pembela Islam dan Persaudaraan Alumni (PA) 212. Aksi dilakukan di depan kompleks DPR/MPR pada Rabu, 24 Juni 2020.

Dalam aksi tersebut terjadi insiden pembakaran bendera PDI Perjuangan. Namun hingga kini, RUU HIP masih tercantum sebagai usulan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2021.

3. Pilkada Jalan Terus

Baca Juga: Pemkot Makassar Setop Tes Swab Saat Kasus Covid-19 Meningkat

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 tetap jalan walaupun dalam masa pandemi covid-19. Kampanye tetap berjalan dan menyebabkan kerumunan.

Komentar