alexametrics

Eijkman Ungkap Mutasi Covid-19 Inggris Sudah Masuk RI Sejak Pekan Lalu

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Eijkman Ungkap Mutasi Covid-19 Inggris Sudah Masuk RI Sejak Pekan Lalu
Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio berbicara tentang virus Corona Covid-19. (Suara.com/Frieda Isyana)

"Kasusnya kasus impor yang datang di indonesia, datangnya bukan tadi malam, artinya datangnya beberapa minggu yang lalu."

Suara.com - Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Profesor Amin Soebandrio mengungkapkan sebenarnya mutasi virus strain B117 dari Inggris sudah masuk ke Indonesia sejak beberapa pekan lalu, namun baru diumumkan hari ini.

Amin mengatakan pihaknya bersama tim dari Kementerian Riset dan Teknologi, serta Kementerian Kesehatan sudah menemukan strain yang dinilai lebih cepat menular ini dari pekan lalu.

"Kasusnya kasus impor yang datang di indonesia, datangnya bukan tadi malam, artinya datangnya beberapa minggu yang lalu, karena berbagai prosedur baru terdeteksi ada dua kasus," kata Amin dalam diskusi Newsmaker, Selasa (2/3/2021).

Dia menilai temuan ini bisa dianggap sebagai kabar baik sebab pemerintah bisa melakukan berbagai antisipasi cara penanganan agar mutasi tak semakin menyebar.

Baca Juga: Setahun Pandemi Covid-19, Wagub DKI: Alhamdulillah Kami Bisa Kendalikan

"Kalau dianggap ini berita buruk, di satu sisi sebetulnya berita baiknya, ya kita sudah mampu mendeteksi, jadi sampai dengan bulan lalu dunia internasional masih menganggap belum melaporkan itu karena belum mampu mendeteksi," jelasnya.

"Saat ini sudah ketemu, mungkin saja dalam hari berikutnya akan ketemu lagi," sambung Amin.

Amin menjelaskan, mutasi virus ini harus diantisipasi dengan melakukan pemeriksaan sampel dengan berbagai gen sehingga bisa didiagnosa sampel itu merupakan varian covid-19 yang mana.

"Dia bisa bisa berubah struktur molekulnya, sehingga mungkin menyebabkan diagnostik atau PCR itu kurang sensitif, karena yang dicari gen tertentu, nah kalau gen nya berubah karena mutasi maka kit yang tersedia sekarang itu belum mengenal," tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan bahwa virus virus strain B117 dari Inggris sudah masuk ke Indonesia dengan ditemukannya dua kasus pada 2 Maret 2021, namun belum dijelaskan secara detail.

Baca Juga: Setahun Berlalu, Barang Ini Pernah Langka di Awal Pandemi Covid-19

"Kalau satu tahun lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 covid-19, tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di indonesia, ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," kata Dante dalam Peringatan 1 Tahun COVID-19 Indonesia disiarkan Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Komentar