alexametrics

Dokter Faheem Younus: Ivermectin bukan Obat Covid-19

Bangun Santoso | Yaumal Asri Adi Hutasuhut
Dokter Faheem Younus: Ivermectin bukan Obat Covid-19
Pakar kesehatan dari Amerika Serikat, Dokter Faheem Younus. (Bidik layar/Yaumal)

Di Amerika dan Taiwan yang berhasil mengendalikan virus corona, tidak menggunakan obat Ivermectin

Suara.com - Pakar kesehatan dari Amerika Serikat (AS), Dokter Faheem Younus menegaskan, Ivermectin tidak digunakan sebagai obat untuk penyembuhan pasien Covid-19.

“Saya percaya Ivermectin bukan untuk Covid-19,” kata Dokter Faheem lewat video diskusi daring, Sabtu (17/7/2021).

Dia memang tidak menyangkal bahwa ada sejumlah studi berskala kecil yang membuktikan Ivermectin dapat menjadi penawar Covid-19.

“Tetapi ada meta analisis, yaitu studi berbasis bukti yang jumlah sampelnya sangat tinggi, ribuan. Jadi sampelnya sangat besar dibanding studi-studi kecil lainnya, itu menyatakan Ivermectin tidak dapat menyembuhkan Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga: Dokter Faheem Younus Tetap Sarankan Masyarakat Divaksin Sinovac atau Sinopharm

Dokter Faheem lantas mencontohkan negara seperti Taiwan dan Amerika Serikat yang berhasil mengendalikan Covid-19, tidak menggunakan Ivermectin.

“Mereka tidak menggunakan Ivermectin untuk menanggulangi Covid-19,” katanya lagi.

Baru-baru ini Ivermectin kembali menjadi sorotan di tengah masyarakat. Kabar itu mencuat setelah ramai kabar bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) disebut-sebut telah menyetujui Ivermectin untuk penggunaan darurat Covid-19.

Namun, hal itu dibantah oleh Kepala BPOM Penny Lukito. Ia menyebut bahwa hingga kini ivermectin hanya mendapatkan izin untuk uji klinik.

Sebelumnya, BPOM juga menyampaikan belum mengizinkan Ivermectin untuk digunakan dalam pengobatan Covid-19, meski obat tersebut ramai diberitakan bermanfaat.

Baca Juga: Dokter Faheem Younus: Terapi Plasma Konvalesen Tak Bermanfaat Buat Pasien Covid-19

Ivermectin sendiri terdaftar di Indonesia untuk indikasi infeksi kecacingan (Strongyloidiasis dan Onchocerciasis). Ivermectin merupakan obat keras yang pembeliannya harus dengan resep dokter dan penggunaannya di bawah pengawasan dokter.

Komentar