alexametrics

Tega! Oksigen Palsu Diduga Diisi Udara Kompressor Tambal Ban

Dany Garjito
Tega! Oksigen Palsu Diduga Diisi Udara Kompressor Tambal Ban
Agen pengisian oksigen Putri Medika di Muntilan, Magelang, kehabisan stok oksigen. Pasokan terkonsentrasi ke rumah sakit rujukan Covid. [Suara.com/ Angga Haksoro Ardhi].

Dua tabung di antaranya bakal digunakan untuk orang sakit.

Suara.com - Tabung oksigen palsu beredar, diduga diisi udara dari kompressor tambal ban. Peristiwa tabung oksigen palsu ini terjadi di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Kejadian tabung oksigen palsu ini terungkap dari peternak ikan hias di daerah setempat. Anggota kelompok peternak Sol Koi di Tulungagung, Alipin menuturkan, terungkapnya kasus itu ketika mengetahui ikan yang diisi oksigen dari tabung yang baru dibelinya ternyata mati.

Alipin mengaku mendapat oksigen itu dari temannya pada Senin (19/7), itu pun dengan harga yang cukup tinggi.

"Kalau biasanya Rp25 ribu, saya dapatnya sekitar Rp100 ribu," ujarnya.

Baca Juga: Viral Cowok Videokan Rumah Kayu Cewek yang Naksir Dirinya: Maaf, Kita Tak Selevel

Ia menambahkan, ada tiga tabung oksigen yang didapatnya. Dua tabung di antaranya bakal digunakan untuk orang sakit.

Sejumlah warga mengantre untuk mengisi ulang tabung oksigen di salah satu depot pengisian oksigen di kawasan Manggarai, Jakarta, Senin (28/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Sejumlah warga mengantre untuk mengisi ulang tabung oksigen di salah satu depot pengisian oksigen di kawasan Manggarai, Jakarta, Senin (28/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

TABUNG OKSIGEN PALSU DIDUGA DIISI UDARA KOMPRESSOR TAMBAL BAN

Seperti biasanya, pedagang ikan hias sering menggunakan oksigen atau udara segar itu untuk mengirim paket ikan hidup ke luar daerah.

"Kami menyadari oksigen yang kami dapat (beli) palsu setelah ikan dalam kantong plastik yang telah diisi udara dari tabung oksigen itu mati, hanya selang beberapa menit setelah pengisian," katanya dikutip dari Antara, Selasa (20/7/2021).

Dijelaskannya, ada dua kantong plastik berisi ikan koi diisi oksigen. Kemudian, beberapa ikan koi salah satu kantong plastik itu mati dalam kurun waktu kurang dari 15 menit usai diisi oksigen. Sedangkan ikan yang ada pada kantong lainnya bisa diselamatkan.

Baca Juga: Viral Pijat Kaki di Pinggir Pantai Bali Sampai Rp2,6 Juta, Rincian Harganya Bikin kaget

CARA MEMBEDAKAN TABUNG OKSIGEN ASLI DENGAN YANG PALSU

Komentar