alexametrics

Doa Agar Hujan Berhenti dan Artinya

Rifan Aditya
Doa Agar Hujan Berhenti dan Artinya
Doa agar hujan berhenti - Ilustrasi Hujan. (Erik Witsoe/Unsplash)

Berikut bacaan doa agar hujan berhenti dan artinya.

Suara.com - Musim hujan tak lagi dapat diprediksi sebab sering muncul tanpa tanda-tanda. Hal tersebut membuat tak sedikit orang kalang kabut terlebih bila sedang berada dalam perjalanan. Tak sedikit orang juga yang mencari tau doa agar hujan berhenti.

Membaca doa agar hujan berhenti bukan berarti menolak rezeki dari Allah SWT. Mengingat hujan merupakan salah satu bentuk rezeki yang diberikan Allah SWT kepada umatnya di muka bumi.

Namun, tak jarang hujan deras menyebabkan musibah seperti tanah longsor dan banjir. Sehingga doa agar hujan berhenti menjadi satu hal yang penting untuk diketahui.

Doa Agar Hujan Berhenti

Baca Juga: Doa Ketika Bercermin, Memohon Disempurnakan Fisik dan Akhlak

Menurut sabda Rasulullah dalam hadis Bukhari dan Muslim, doa agar hujan berhenti tidak dilarang. Sebab, doa itu disertai dengan harapan agar berpindah ke tempat yang lebih membutuhkan dan lebih bermanfaat.

Berikut bunyi sabda Rasulullah SAW dalam Hadist HR. Al-Bukhari 1/224 dan Muslim 2/614:

"Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allahumma ‘alal aakaami wadh dhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitisy syajari."

Artinya:

"Ya Allah berilah hujan di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."

Baca Juga: Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya

Doa di atas dapat dibaca ketika hujan lebat dan berdampak bahaya.

Komentar