alexametrics

Apple Hapus Aplikasi Al Quran di China

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Apple Hapus Aplikasi Al Quran di China
Logo Apple. (Shutterstock)

Apple hanya mengatakan harus mematuhi undang-undang setempat.

Suara.com - Quran Majeed, salah satu aplikasi Quran paling populer di dunia dihapus dari App Store di China atas permintaan pejabat setempat.

Menyadur BBC Sabtu (16/10/2021) aplikasi itu dihapus karena menampung "teks-teks keagamaan ilegal" dan pemerintah China belum menanggapi permintaan komentar terkait hal ini.

Apple Censorship, sebuah situs web yang memantau aplikasi di App Store Apple secara global melaporkan penghapusan aplikasi itu pertama kali.

"Menurut Apple, aplikasi Quran Majeed kami telah dihapus dari App store China karena berisi konten yang memerlukan dokumentasi tambahan dari otoritas China."

Baca Juga: Gus Muhaimin Minta Pemerintah Hapus Aplikasi Pinjol di Google Playstore dan Apple Appstore

"Kami mencoba menghubungi Administrasi Ruang Siber China dan otoritas China terkait untuk menyelesaikan masalah ini," jelas perusahaan pembuat aplikasi, PDMS.

Ilustrasi Al Quran (Foto: shutterstock)
Ilustrasi Al Quran (Foto: shutterstock)

Perusahaan mengatakan aplikasi ini memiliki hampir satu juta pengguna di China dan digunakan oleh jutaan Muslim di dunia

Quran Majeed tersedia di seluruh dunia di App Store dan memiliki hampir 150.000 ulasan dan Apple hanya mengatakan harus mematuhi undang-undang setempat.

Sementara itu, Partai Komunis China secara resmi mengakui Islam sebagai agama di negara tersebut.

Namun, China telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan bahkan genosida terhadap kelompok etnis Uyghur yang sebagian besar Muslim di Xinjiang.

Baca Juga: Apple Watch Series 8 Bawa Tampilan Lebih Lega

Komentar