alexametrics

Muncul Relawan Dukung Anies jadi Capres 2024 Disebut Upaya Panaskan Mesin Politik

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Muncul Relawan Dukung Anies jadi Capres 2024 Disebut Upaya Panaskan Mesin Politik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Warteg Family di Jalan Penggalang, Matraman, Jakarta Timur, pada Kamis (14/10/2021). (Suara.com/Fakhri Fuadi)

"Dengan deklarasi tersebut itu bagian upaya menjaga elektabilitas Anies. Bagian upaya untuk memanaskan mesin politik..."

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah dideklarasikan pendukungnya sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024. Dukungan tersebut datang dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES).

Menanggapi hal itu, Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research dan Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai adanya deklarasi tersebut merupakan bagian untuk memanaskan mesin politik. Selain itu juga untuk menjaga elektabilitas yang sudah terbentuk. 

"Dengan deklarasi tersebut itu bagian upaya menjaga elektabilitas Anies. Bagian upaya untuk memanaskan mesin politik, kalau Anies tidak segera deklarasikan maka bisa saja elektabilitas Anies justru turun," kata Pangi kepada wartawan, Kamis (21/10/2021). 

Pangi mengatakan, dengan adanya deklarasi yang dilakukan sejak jauh-jauh hari sebenarnya bagus untuk figur yang akan maju bertarung di Pilpres. Dengan begitu figur tersebut akan bisa dinilai dan dikuliti oleh publik. Namun, terkait dengan apakah deklarasi yang dilakukan murni karena dukungan atau pun pesanan, Pangi menduga dalam politik semua tak ada yang alamiah. 

Baca Juga: Tak Masalah Anies Didukung Relawan Nyapres, Wagub DKI Ungkit Nama Prabowo hingga Ganjar

"Apakah relawan bergerak sendiri. Dalam politik tidak ada yang alamiah, ada yang mendesain, ada arsiteknya. Namun apakah digerakkan Anies atau pihak yang punya kepentingan itu soal lain," tuturnya. 

Lebih lanjut, Pangi mengatakan, boleh jadi Anies tak mengetahui adanya deklarasi tersebut. Namun, kata dia, pada akhirnya hal tersebut akan sampai juga ke telinga Anies. 

"Tapi banyak pihak yang punya kepentingan untuk melakukan gebrakan semacam itu, dan akan sampai juga ke telinga Anies siapa yang kemaren membiayai deklarasi tersebut," tandasnya. 

Deklarasikan Anies Capres 2024

Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menggelar acara Deklarasi Anies Rasyid Baswedan for Presiden 2024 di gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]
Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menggelar acara Deklarasi Anies Rasyid Baswedan for Presiden 2024 di gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

Sebelumnya, sekelompok relawan bernama Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan Gubernur  Anies Baswedan sebagai Calon Presiden untuk Pilpres 2024.

Baca Juga: Didukung Relawan ANIES jadi Capres 2024, PPP Sebut Wajar karena Anies Tak Punya Partai

Dukungan kepada Anies ini disampaikan dalam acara Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 di gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021).

Komentar