facebook

Heboh Pelayan Restoran Cuma Terima Gaji Rp 143, Padahal Kerja 6 Minggu

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Heboh Pelayan Restoran Cuma Terima Gaji Rp 143, Padahal Kerja 6 Minggu
Ilustrasi gaji. (Shutterstock)

Ia hanya menerima gaji 1 sen.

Suara.com - Seorang wanita di Tennessee curhat di media sosial bahwa ia hanya menerima gaji 1 sen atau setara Rp 143 setelah bekerja selama 6 minggu di sebuah restoran di Nashville.

Menyadur New York Post Minggu (7/11/2021), wanita bernama Liny ini mengunggah kisahnya di TikTok sambil menunjukkan slip gaji dengan angka $ 0.01.

Upah minimum untuk karyawan tip di Amerika Serikat adalah  USD 2,13 per jam. Namun, di Tennessee, federal, pajak Jaminan Sosial dan Medicare dikurangi dari pendapatan dan Liny hanya menerima upah 1 sen dari majikannya.

Tidak jelas berapa jam Liny bekerja selama periode pembayaran enam minggu, dan dia tidak mengungkapkan berapa banyak uang yang dia kumpulkan dalam tip dalam jangka waktu yang sama.

Baca Juga: Driver Ojol Ini Dapat Tip Setara Uang Bulanan Anak Kos, Perbuatan Ini Penyebabnya

Namun, dalam keterangan videonya, pelayan itu menulis kepada pengikutnya di TikTok: "Berika tip pada pelayan Anda!!!"

Pelayan terima gaji 1 sen. (TikTok/@lvndsmac)
Pelayan terima gaji 1 sen. (TikTok/@lvndsmac)

Banyak pemirsa marah pada permintaan Liny, dengan satu menjawab: “Bukan tugas saya untuk membayar tagihan Anda. Saya harus membayar sendiri.” Komentar itu disukai sebanyak 10.200 kali.

“Salahkan bisnis tempat Anda bekerja, bukan konsumennya,” pemirsa lainnya sependapat. “Di negara lain, mereka tidak perlu memberi tip karena mereka membayar upah layak.”

“Saya dengan mudah menghasilkan $4400 sebulan sebagai server. Jangan biarkan cek kosong itu menipu Anda jika Anda melayani dan menghasilkan lebih dari yang Anda dapatkan sebagai tarif per jam,” tulis orang ketiga.

Pelayan terima gaji 1 sen. (TikTok/@lvndsmac)
Pelayan terima gaji 1 sen. (TikTok/@lvndsmac)

Namun, yang lain tidak setuju dan datang untuk membela Liny. “Jika Anda tidak bisa memberi tip, pergilah ke McDonalds atau masak di rumah,” kata seorang pendukung.

Baca Juga: Driver Ojol Dapat Tip Setara Uang Makan Satu Bulan, Kisahnya Jadi Perbincangan

“Kalian semua tidak lulus pemeriksaan getaran. Ketika seseorang mengambil pesanan Anda dan membawa makanan Anda, mereka menyediakan jasa,” tambah orang kedua.

Tentu saja, tidak semua pelayan menghadapi situasi yang sama. Kristen Songer, yang bekerja di sebuah waralaba di Carolina Selatan, mengklaim dia jadi bartender selama tujuh jam pada hari Minggu dan menghasilkan tip yang lumayan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar