alexametrics

Bak Film Action, Kartel Narkoba Tabrak Penjara untuk Bebaskan 9 Rekannya

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Bak Film Action, Kartel Narkoba Tabrak Penjara untuk Bebaskan 9 Rekannya
Ilustrasi mafia memegang pistol. [Shutterstock]

Bom mobil jarang terjadi di Meksiko, tapi kendaraan kadang disita dan dibakar untuk menghalangi polisi dan militer.

Suara.com - Kartel narkoba di Meksiko menggunakan truk lapis baja buatan sendiri untuk menerobos penjara dan membebaskan 9 rekannya. Berapa kendaraan lain juga dibakar yang menargetkan penjara di pusat kota Tula.

Menyadur New York Post Sabtu (4/11/2021), aksi bak film action ini membuat heboh karena mereka juga melepaskan tembakan ke penjaga penjara.

Para pelarian termasuk José Artemio Maldonado Mejía, alias "El Michoacano", pemimpin organisasi kejahatan lokal yang dikenal sebagai Pueblos Unidos.

Satu penjaga penjara dan satu petugas polisi terluka dalam serangan Rabu pagi, menurut otoritas negara bagian Hidalgo.

Baca Juga: Berebut Tiket Film Spider-Man: No Way Home, Seorang Pria di Meksiko Dikeroyok Pemuda

Media lokal melaporkan geng itu juga meledakkan beberapa bom mobil, tapi pihak berwenang masih menyelidiki bagaimana kendaraan itu terbakar.

Ilustrasi gangster, mafia, kartel. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi gangster, mafia, kartel. (Pexels/Pixabay)

Penggunaan bom mobil jarang terjadi di Meksiko, tapi kendaraan kadang disita dan dibakar untuk menghalangi polisi dan militer.

“Sebuah kelompok bersenjata masuk ke penjara dengan beberapa kendaraan dan perlu dicatat bahwa di dekat penjara, dua kendaraan dibakar sebagai bagian dari operasi kelompok kriminal, sebagai pengalih perhatian,” kata Simon Vargas, sekretaris dalam negeri negara bagian Hidalgo.

Tentara, polisi, dan garda nasional melancarkan perburuan besar-besaran. Tula adalah lokasi penyulingan besar Pemex dan kelompok kriminal penyadap pipa minyak untuk menyedot bensin.

Pueblos Unidos, yang dipimpin oleh El Michoacano, dianggap sebagai salah satu kelompok utama di balik pencurian bensin di negara bagian Hidalgo.

Baca Juga: 6 Jasad Korban Kekerasan Geng Kriminal Ditemukan Tergantung di Meksiko

Kelompok kriminal Meksiko sering menggerebek penjara selama 15 tahun terakhir, menerobos masuk ke fasilitas atau menyamar sebagai pasukan keamanan untuk membebaskan narapidana.

Serangan itu terjadi saat tanda Meksiko 15 th ulang tahun deklarasi kemudian presiden Felipe Calderon dari perang militer pada kartel narkoba, setelah ribuan tentara dikerahkan di jalan-jalan.

Komentar