alexametrics

4 Fungsi Mitokondria, Penghasil Energi hingga Penyimpan Kalsium

Chyntia Sami Bhayangkara
4 Fungsi Mitokondria, Penghasil Energi hingga Penyimpan Kalsium
Peneliti Israel temukan binatang mirip cebong yang bisa hidup tanpa oksigen. Ilustrasi foto: fungsi mitokondria [Shutterstock]

Mari mengenal 4 fungsi mitokondria selengkapnya.

Suara.com - Membahas mengenai ilmu pengetahuan alam memang tak akan ada habisnya. Dalam artikel singkat kita kali ini, akan dibahas mengenai fungsi mitokondria yang ada di tubuh organisme.

Mungkin banyak dari Anda yang merasa asing dengan nama ini. Simak penjelasan hingga fungsi mitokondria berikut.

Apa Itu Mitokondria?

Mitokondria merupakan organel yang berbentuk cenderung bulat hingga oval. Organel ini ditemukan di hampir semua organisme eukariotik, dan berukuran 0,75 hingga 3 mikrometer, sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran organismenya.

Baca Juga: Fungsi Pankreas dalam Tubuh Manusia

Terbagi dalam beberapa membran berbeda, masing-masing bagian juga memiliki fungsinya masing-masing. Untuk membran luar ada bagian yang disebut porin (memungkinkan protein menyeberang) dan berguna menampung beberapa enzim.

Untuk membran dalam, tidak ada bagian porin sehingga tak dapat ditembus oleh sebagian besar molekul yang ada. Membran ini berfungsi sebagai tempat produksi Adenosine Trifosfat. Satu lagi, ada yang disebut intermembrane space, yakni ruang yang memisahkan membran luar dan dalam.

Apa Fungsi Mitokondria?

Berlanjut ke pembahasan fungsi mitokondria, berikut merupakan 4 fungsi mitokondria yang perlu diketahui.

1. Menghasilkan Energi

Baca Juga: Fungsi Usus Besar dalam Mencerna Makanan di Dalam Tubuh

Fungsi mitokondria yang pertama adalah untuk menghasilkan energi. Mitokondria akan mengubah energi kimia menjadi energi yang mudah digunakan oleh sel tubuh.

Komentar