facebook

5 Fakta Mengejutkan Sesar Baribis, Gempa Besar Mengancam Jakarta dan Sekitarnya

Agatha Vidya Nariswari
5 Fakta Mengejutkan Sesar Baribis, Gempa Besar Mengancam Jakarta dan Sekitarnya
Fakta mengejutkan sesar baribis | Peta sesar Baribis yang membentang hingga Jakarta Selatan. [Antara/BMKG]

Keberadaan Sesar Baribis di selatan Jakarta mengejutkan banyak pihak. Sebab keberadaan sesar tersebut disebut bisa memicu gempa besar di Jakarta dan sekitarnya.

Suara.com - Kabar mengejutkan mengenai potensi gempa di DKI Jakarta beredar di masyarakat. Hal itu terkait dengan ditemukannya Sesar Baribis di sebelah selatan Jakarta.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, Sesar Baribis tersebut tengah aktif dan membuat bagian selatan Jakarta berpotensi diguncang gempa.

Terkait hal tersebut, peneliti di BMKG, Daryono meminta dan mengimbau sejumlah pihak berwenang untuk memberikan edukasi dan latihan evakuasi pada masyarakat, agar dampak gempa tersebut dapat diminimalisir.

Lantas apa itu Sesar Baribis dan seperti apa potensinya pada Ibu Kota Jakarta? Berikut adalah fakta sesar baribis.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Sesar Baribis, Jakarta Terancam Diguncang Gempa Besar!

1. Awal mula ditemukan Sesar Baribis

Sesar Baribis di selatan Jakarta pertama kali dipublikasikan pada 2016 oleh ahli geodasi asal Australia, Achraff Koulali, di jurnal internasional Elsevier.

Menurut Achraff, Sesar Baribis membentang sepanjang 25 kilometer di sebelah selatan Jakarta, yang melintang dari Purwakarta, Bekasi, Tangerang hingga Rangkasbitung.

Sesar ini diperkirakan melewati sejumlah kecamatan di Jakarta. Sesar itu disebut-sebut sebagai sesar terpanjang di Pulau Jawa.

2. Kaitan Sesar Baribis dengan megathrust

Baca Juga: BMKG Benarkan Sesar Baribis di Selatan Jakarta Aktif, Begini Respon Anies Baswedan

Keberadaan Sesar Baribis disebut-sebut terkait dengan gempa bumi Megathrust magnitude 8,7 yang diperkirakan akan terjadi di Jakarta.

Komentar