facebook

Ganggu Pejalan Kaki, Wagub DKI Minta Pedagang Tak Jualan Hewan Kurban di Trotoar

Ria Rizki Nirmala Sari | Fakhri Fuadi Muflih
Ganggu Pejalan Kaki, Wagub DKI Minta Pedagang Tak Jualan Hewan Kurban di Trotoar
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Suara.com/Fakhri)

Politisi Gerindra itu pun meminta agar pedagang berjualan di lapak resmi yang lain.

Suara.com - Sejumlah pedagang hewan kurban mulai menggelar lapaknya menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah yang jatuh pada Minggu (10/7/2022) mendatang. Tidak sedikit dari mereka yang memilih berjualan di trotoar jalan.

Menanggapi kondisi tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta para pedagang tidak berjualan hewan kurban di trotoar. Hal tersebut nantinya malah dapat mengganggu para pejalan kaki yang ingin lewat.

"Kami minta jangan di trotoar. Kalau di trotoar mengganggu pejalan kaki, mengganggu ketertiban," ujar Riza di Balai Kota DKI, Selasa (5/7/2022).

Politisi Gerindra itu pun meminta agar pedagang berjualan di lapak resmi yang lain. Ia mengaku telah menyediakan sejumlah lokasi bagi para pedagang.

Baca Juga: Heboh Dancer Noze Diskriminasi Brand Lokal saat Pasang Iklan di Instagramnya

"Silakan cari tempat yang ada. Pemda sendiri sudah juga berupaya mencarikan, membantu mencarikan tempat-tempat bagi pedagang sapi, kambing, atau hewan kurban."

47 Ribu Hewan Ternak

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah mendatangkan sebanyak 47 ribu hewan ternak ke Jakarta menjelang Iduladha. Hal ini merupakan hasil kolaborasi bersama dengan Kementerian Pertanian dalam rangka dukungan Penyediaan Ternak Kurban dan Pangan Strategis di wilayah Jabodetabek.

Kolaborasi ini diwujudkan dalam Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama. Ruang lingkup kerja sama meliputi penyiapan dan penyampaian data, pasokan pangan strategis, penyediaan hewan kurban dari provinsi sentra ternak, dan pendampingan teknis kesehatan hewan.

Saat ini, di Jakarta juga sudah mulai mewabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Namun, Anies memastikan hewan yang datang ini telah bebas dari penyakit tersebut.

Baca Juga: Ekskavasi Situs Arca Dwarapala Singosari, Temukan Struktur Diduga Gapura

"Saat ini yang sudah masuk di Jakarta 42 ribu ekor dan mereka semua menjalani prosedur karantina dan lain-lain. Sehingga Insya Allah status di Jakarta tetap hijau dan aman dari PMK. Masih ada lima ribu ekor yang dalam perjalanan diprediksikan akan tuntas sebelum perayaan Iduladha," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Senin (4/7/2022).

Komentar