3 Fakta Baru Kasus Teddy Minahasa: Cabut BAP, Bercanda Diminta Ganti Tawas

Farah Nabilla
3 Fakta Baru Kasus Teddy Minahasa: Cabut BAP, Bercanda Diminta Ganti Tawas
Tersangka kasus peredaran narkoba Irjen Pol Teddy Minahasa (tengah) berjalan menuju ruang tahanan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (25/10/2022). ANTARA FOTO/Reno Esnir

Hotman Paris menyebut pesan Teddy pada AKBP Doddy agar barang bukti narkoba diganti tawas hanya candaan

Suara.com - Kasus dugaan peredaran narkoba jenis sabu yang menjerat Irjen Teddy Minahasa masih berlanjut.

Terbaru, Teddy yang telah ditetapkan sebagai tersangka ini diduga memerintahkan AKBP Dody Prawiranegara, yang ketika itu menjabat Kapolres Bukittinggi untuk menukar 5 kilo barang bukti sabu dengan tawas. Sebagian sabu itu kemudian diedarkan ke Jakarta termasuk ke Kampung Bahari, Jakarta Utara. 

Namun Hotman Paris selaku kuasa hukum Teddy Minahasa mengatakan sabu 5 kilo itu masih ada. Ia bahkan mengklaim barang bukti sabu dalam dalam kasus itu tidak ada kaitannya dengan mantan Kapolda Sumatera Barat itu.

Teddy pun memutuskan mencabut seluruh berita acara pemeriksaan (BAP) kasus dugaan peredaran narkotika yang melibatkannya. Yuk simak fakta baru kasus Teddy Minahasa berikut ini.

Baca Juga: Dalam Dua Pekan, Polisi Karawang Ringkus 12 Pengedar Narkoba

1. Cabut BAP

Teddy Minahasa lewat Hotman Paris memutuskan mencabut seluruh berita acara pemeriksaan (BAP) kasus dugaan peredaran narkotika yang melibatkannya.

Hotman Paris, menyebut pesan Teddy pada AKBP Doddy agar barang bukti narkoba diganti tawas hanya candaan. Selain itu Hotman menyebut Teddy hanya mau mengetes Doddy.

Hotman mengklaim riwayat chat itu tidak akan mempengaruhi proses pemusnahan barang bukti sabu dengan total 41,4 kilo. Ia mengatakan 35 kilo sabu telah dimusnahkan di Polres Bukittinggi pada Juni 2022. Sementara 5 kilo sisa sabu yang sempat diminta ditukar dengan tawas oleh Irjen Teddy diklaimnya masih utuh dan ada di kejaksaan untuk bukti pengadilan.

2. Kubu AKBP Dody Prawiranegara Anggap Teddy Minahasa Mengada-ada

Baca Juga: Peredaran Puluhan Kg Sabu Terungkap, Pengendalinya Napi Lapas Pekanbaru

Pengacara AKBP Dody Prawiranegara, Adriel Purba menyebut bahwa informasi Teddy kepada Hotman soal barang bukti sabu masih utuh tidak tepat dan mengada-ngada. Adriel menduga Teddy berupaya mengaburkan informasi soal tuduhan mengedarkan sabu. Padahal seluruh bukti terpampang jelas dalam chat Whatsapp di Berita Acara Pemeriksaan (BAP).