Sembilan Pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat Raih TOP CSR Awards 2023

Danone-AQUA juga memberikan bantuan dan pendampingan dalam pengelolaan sampah warga.

Fabiola FebrinastriIman Firmansyah
Rabu, 07 Juni 2023 | 20:50 WIB
Sembilan Pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat Raih TOP CSR Awards 2023
Sembilan Pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat Raih TOP CSR Awards 2023. (Dok: Danone)

Suara.com - Sembilan pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat berhasil menyabet penghargaan Top CSR Awards 2023. Kesembilan pabrik itu adalah Pabrik Danone-AQUA Bekasi, Pabrik Danone-AQUA Citeureup, Pabrik Danone-AQUA Sentul, Pabrik Danone-AQUA Ciherang, Pabrik Danone-AQUA Caringin, Pabrik Danone-AQUA Mekarsari, Pabrik Danone-AQUA Babakanpari, Pabrik Danone-AQUA Cianjur, dan Pabrik Danone-AQUA Subang.

Keberhasilan ini didasarkan pada penilaian dewan juri yang menetapkan bahwa kegiatan tanggung jawab sosial lingkungan (CSR) sembilan pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat tersebut berada di level “LUAR BIASA dan SANGAT BAIK”.

Penilaian itu terutama berkaitan dengan keselarasan pelaksanaan CSR Danone-AQUA di Jawa Barat yang sangat mendukung strategi pertumbuhan bisnis perusahaan secara berkelanjutan, mengadopsi CSV (Creating Shared Value), dan selaras dengan ISO 26000 SR, serta layak dijadikan benchmark oleh perusahaan lainnya.

Pabrik-pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat memang tidak hanya sibuk menjalankan kegiatan operasional bisnis semata, melainkan juga senantiasa aktif menjalankan kegiatan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan, bekerjasama dengan masyarakat sekitar pabrik, komunitas, dan pemerintah daerah.

Baca Juga:Kronologi Terbongkarnya Pabrik Ekstasi Jaringan Internasional di Rumah Elite Tangerang

Banyak upaya telah dilakukan Danone-AQUA untuk menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan yang mendorong terciptanya bisnis yang berkelanjutan, termasuk melakukan perlindungan sumber daya air.

"Di Jawa Barat program perlindungan sumber daya air dijalankan guna menjamin kemurnian dan kualitas sumber air, menjaga kelestarian sumber daya air, berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di wilayah operasional, serta melindungi dan turut mempromosikan adat dan cagar budaya di sekitar wilayah operasional terkait,” ungkap Senior External Relations Danone-AQUA Wilayah Jawa Barat, Murtijo Utomo.

Selain penanaman pohon, pembuatan sumur resapan dan dam, pembuatan lubang biopori, panen air hujan, pembuatan waterpond dan rorak, serta pembuatan sumur imbuhan, Danone-AQUA menjalankan kegiatan konservasi di daerah aliran sungai (DAS) Cicatih – Sukabumi, DAS Cupunagara – Subang, dan penyelamatan Setu Citongtut di Kecamatan Gunung Putri – Bogor.

Kegiatan konservasi air ini dilakukan secara terintegrasi dengan mengutamakan pemberdayaan masyarakat serta bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, guna memaksimalkan hasil secara ekonomis dan kesejahteraan sosial dalam pola yang tidak mengorbankan keberlangsungan ekosistem.

Selain itu salah satu bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat Danone-AQUA mengembangkan program akses air bersih dan penyehatan lingkungan di Kabupaten Bekasi, Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Subang.

Baca Juga:Bareskrim Polri Bongkar Pabrik Ekstasi Jaringan Internasional, Empat Orang Diamankan

“Hingga kini, program ini telah membawa manfaat untuk 66416 orang di 5 kabupaten di Jawa Barat tersebut. Selain itu, Danone-AQUA juga melakukan pengkaderan di masyarakat terkait dengan pelaksanaan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS),” tambah Murtijo.

Sebagai bagian dari program akses air bersih dan sanitasi, Danone-AQUA juga memberikan bantuan dan pendampingan dalam pengelolaan sampah warga. Sistem pengelolaan sampah menjadi sangat penting karena banyak warga membuang sampah di saluran drainase atau tempat-tempat yang tidak semestinya, sehingga mengganggu sarana air dan mengakibatkan banjir pada musim hujan.

Sembilan pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat tersebut berada di level “LUAR BIASA dan SANGAT BAIK”. (Dok: Danone)
Sembilan pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat tersebut berada di level “LUAR BIASA dan SANGAT BAIK”. (Dok: Danone)

Untuk itu, Danone-AQUA melakukan pengelolaan sampah terpadu, menyumbangkan gerobak sampah, membangun sarana air bersih, di samping kegiatan masyarakat lainnya seperti pengarahan gizi seimbang bagi masyarakat.

Keberhasilan pelaksanaan program-program tersebut di atas secara berkelanjutan dan melibatkan pihak-pihak terkait yang memastikan sembilan pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat dianugerahi TOP CSR Awards 2023.

Selain itu sembilan Kepala Pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat juga memperoleh TOP Leader on CSR Commitment 2023. Mereka dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan kebehasilan implementasi CSR di perusahaan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan pelaksanaan program CSR harus didukung oleh kepala pabrik atau pemimpin yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap CSR itu sendiri.

“Berbagai upaya telah dilakukan Danone-AQUA untuk menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan yang mendorong terciptanya bisnis yang berkelanjutan. Danone-AQUA bertekad terus meningkatkan kinerja produksi dan prestasi dalam menghadirkan berbagai produk berkualitas, sekaligus bersama berbagai pihak terkait terus menjaga keberlanjutan lingkungan melalui pelaksanaan program-program tanggung jawab sosial lingkungan,” tutur Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo.

“Tentu saja dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak menjadikan upaya pelestarian lingkungan akan semakin berkembang dan memberi manfaat untuk masyarakat luas,” pungkas Karyanto.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

NEWS

TERKINI