Mobil Bertransmisi Manual atau Otomatis? Ini Panduan Ringkasnya

Liberty Jemadu | Deni Yuliansari
Mobil Bertransmisi Manual atau Otomatis? Ini Panduan Ringkasnya
Ilustrasi transmis pada mobil (Shutterstock).

Bicara soal biaya, perlu juga diingat bahwa mobil matik baru biasanya lebih mahal ketimbang mobil manual di pasaran Tanah Air.

Suara.com - Membeli mobil dewasa ini harus diakui merupakan keputusan yang tak gampang. Calon pembeli akan dihadapi dengan banyak pilihan, mulai dari merek, harga, tipe, banyaknya konsumsi bahan bakar, dan yang semakin relevan akhir-akhir ini adalah pilihan transmisi. Otomatis atau manual?

Manual atau otomatis sebenarnya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembeli idealnya memperhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan sebelum memutuskan.

Nah, untuk membantu calon pembeli memutuskan antara mobil manual atau otomatis, berikut beberapa kelebihan dan kelemahan dua varian mobil itu seperti yang dibeberkan oleh website resmi Daihatsu Indonesia:

Kelebihan utama mobil bertransmisi otomatis atau yang sering disebut "mobil matik" adalah pada sisi kemudahannya saat dikemudikan. Karena tak mempunyai tuas gigi dan pedal kopling, pengemudi bisa lebih mudah mengendalikan mobil. Alhasil mengemudi menjadi lebih nyaman dan pengemudi tak cepat lelah.

Mobil matik, karenanya, cocok untuk daerah perkotaan yang jalanannya sering mengalami kemacetan. Contohnya di Jakarta.

Tetapi ada beberapa kelemahan pada mobil ini. Salah satunya adalah soal perawatan yang menuntut pemilik mobil untuk lebih disiplin memeriksa mesin mobil dan mengganti oli. Jika tidak, bisa berakibat pada kerusakan yang lebih parah dan memakan biaya yang lebih besar.

Kekurangan lain mobil matik adalah boros bahan bakar. Ini bisa diperparah dengan gaya mengemudi yang kurang awas, seperti menginjak pedal gas dan rem secara tidak tepat, sehingga membuat konsumsi bensin kian banyak.

Singkatnya, mobil matik menuntut lebih banyak biaya saat digunakan. Bicara soal biaya, perlu juga diingat bahwa mobil matik baru biasanya lebih mahal ketimbang mobil manual di pasaran Tanah Air.

Sementara mobil manual, di sisi yang lain, unggul dari segi efisiensi bahan baka. Mobil ini lebih irit bensin dan pengemudi bisa dengan mudah mengendalikan konsumsi bahan bakar dengan lebih awas saat berpindah gigi.

Selain itu perawatan mobil manual biasanya lebih mudah, murah, dan tak begitu menuntut kedisiplinan seperti pada mobil matik.

Hanya saja mobil manual mudah bikin pengemudinya lelah ketika berkendara di jalanan macet. Apalagi jika kemacetan yang dihadapi di jalanan menanjak, semisal Puncak, Bogor, Jawa Barat. Tak hanya melelahkan, mobil manual juga menuntut pengemudi untuk cermat membagi perhatian, karena selain memiliki tuas gigi, mobil manual juga dilengkapi dengan tiga pedal: rem, gas, dan, kopling.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS