Inspirasi Motor Perang, BMW R18 Siap Mengadang Harley-Davidson

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Inspirasi Motor Perang, BMW R18 Siap Mengadang Harley-Davidson
Tampilan BMW R18 di Berlin, Jerman 2020 [Shutterstock].

Harga belum tembus setengah miliar rupiah, BMW R18 tampil bergaya. Siap menyaingi kuda besi Amerika, Harley-Davidson.

Suara.com - BMW Motorrad baru saja merilis BMW R18 yang disebut-sebut siap mengadang laju dari Harley-Davidson. Dikutip dari Cycleworld, tampilan R18 terlihat memiliki gaya klasik namun memiliki sentuhan modern.

Nantinya, versi produksi dihadirkan tidak jauh berbeda dari model konsep yang telah dipamaerkan pembuat motor asal Jerman ini. Rencananya, BMW akan merilis dua varian untuk model R18. Yaitu R18 First Edition dengan stripe ganda dan krom, serta R18 versi standar berbalut warna Black Storm Metallic.

Selain itu, motor teranyar dari BMW itu juga dilengkapi perangkat BMW boxer klasik, kopling kering single-disc besar dan girboks 6-percepatan.

Konsep BMW R18. (YouTube/BMW Motorrad)
  BMW R18  dalam versi konsep (YouTube/BMW Motorrad)

Dan yang menarik adalah keputusan pabrikan untuk membiarkan poros motornya terbuka alais telanjang begitu saja. Hal ini rupanya dilakukan sebagai penghormatan Beemers (sebutan penggemar BMW) kepada model motor produk perusahaan ini yang dibuat sebelum masa perang, seperti BMW R5 dan BMW R51.

Bisa disebutkan pula bahwa kehadiran bmw R18 banyak terinspirasi dari kedua model ini. Sementara opsi gigi mundur ala Honda Goldwing juga ikut diaplikasikan.

Uniknya, cara operasional BMW R18 memiliki beberapa mode dengan nama Rock, Roll, dan Rain. Rock menjadi mode pengendaraan paling agresif, dengan akses tenaga penuh dan torsi. Mode Roll merupakan mode pengendaraan standar yang umum digunakan, sementara Rain menawarkan respons throttle lebih lembut dan tenaga dan torsi lebih terbatas.

Sementara bagian suspensi motor terlihat sangat mirip hardtail, seolah tidak menggunakan suspensi belakang. Namun sebenarnya BMW tetap menggunakannya, hanya tersimpan rapi di bagian buritan. Kaki garpu depan masing-masing berdiameter 49 mm dan terlihat seperti dua model pendahulunya.

Untuk urusan tenaga, motor ini dibekali mesin boxer berkapasitas 1.802cc dua silinder penghasil daya 91 daya kuda pada 4.750 rpm dan torsi 157 Nm pada 3.000 rpm.

Mesinnya sendiri diklaim sebagai mesin terbesar dari keluarga mesin boxer yang pernah digunakan BMW sejak 1923. Ada empat katup per silinder dengan camshafts overhead ganda pada setiap silinder.

Sesuai informasi di situs resmi BMW Motorrad, mereka sudah mulai membuka pemesanan untuk model ini dengan harga mulai 17.495 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 291,1 juta (dengan catatan Rp 16.644 per dolar) untuk tipe standar dan 19.870 dolar AS atau setara Rp 330,7 juta untuk tipe First Edition.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS