Sebelum Pasang Boks Motor, Wajib Perhatikan Hal Ini

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Sebelum Pasang Boks Motor, Wajib Perhatikan Hal Ini
Boks motor untuk tunggangan jenis touring. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Boks motor tampak keren, bila terpasang serasi dengan si tunggangan.

Suara.com - Selain bersifat fungsional, boks motor tambahan bisa memberikan kesan gagah pada tunggangan kesayangan. Namun soal pemasangan, terkadang belum selaras. Sehingga bisa dijumpai kendaraan roda dua "dipaksa" menerima boks, hingga terlihat menambah beban pada motor itu sendiri.

Seperti dikutip dari Wahana Honda, untuk menghindari berbagai hal tidak diinginkan, ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut sebelum memasang box motor :

Beli boks yang bermerek

  • Pertama, pastikan boks motor yang akan dibeli bermerek atau paling tidak memiliki reputasi dalam hal durability dan kualitas. Jangan mudah terpukau oleh harga murah.
  • Uang yang diinvestasikan untuk boks motor berkualitas juga akan bisa dirasakan manfaatnya dengan sekejap. Boks berkualitas tinggi tentu akan jauh lebih awet dan lebih aman untuk dipakai dalam jangka waktu cukup lama.

Pastikan bracket sesuai

Baca Juga: Anti-maling, Sepeda Motor Diparkir di Atap Rumah Buat Warganet Bingung

  • Apabila memiliki rencana untuk memasang boks sendiri, pastikan membeli paket bracket yang sesuai. Biasanya, boks hadir dengan pasangan bracket, jadi tinggal mencocokkan keduanya. Jangan paksakan bracket berspesifikasi tidak sesuai dengan boks karena bisa berakibat fatal.
  • Jika bracket tidak sesuai, ada resiko boks akan jatuh pada saat terjadi guncangan. Hal ini tentu akan membahayakan pengemudi sendiri, juga pengendara lainnya.

Pastikan motor sesuai dengan boks

  • Fenomena ini yang seringkali dijumpai di jalanan. Masih ada saja orang memaksakan boks motor untuk bisa muat ke motornya. Contohnya saja, motor matik kecil dipasangi boks motor puluhan liter yang tentunya tidak sesuai spesifikasi tunggangannya.
  • Pastikan boks yang akan dibeli sesuai kondisi motor. Contohnya kendaraan roda dua mungil tak perlu ditambahi boks, karena bisa membahayakan. Handling menjadi tidak karuan, dan bobot motor menjadi tidak seimbang, sehingga berpotensi terjadi kecelakaan.
  • Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan faktor keselamatan dalam pemasangan boks motor. Jangan memasangnya hanya untuk terlihat keren dipandang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS