Sepeda Motor Sebaiknya Gunakan Bahan Bakar Pertalite atau Pertamax?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Sepeda Motor Sebaiknya Gunakan Bahan Bakar Pertalite atau Pertamax?
Petugas SPBU melayani pengendara sepeda motor. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Diskusi hangat bisa muncul untuk memilih bahan bakar paling tepat bagi motor kesayangan. Simak wacananya di sini.

Suara.com - Masalah pemilihan Bahan Bakar Minyak (BBM) sering menjadi diskusi hangat para pengguna sepeda motor. Salah satu contohnya, seperti yang saat ini menjadi pilihan utama, yaitu Pertalite dan Pertamax.

Pertanyaannya: di mana letak perbedaan kualitas Pertalite dan Pertamax, dan apakah keduanya memiliki dampak yang sama terhadap performa sepeda motor?

Dikutip dari Honda Wahana,  Dealer dan Distributor Resmi Honda, Pertalite adalah produk terbaru dari Pertamina sebagai pengganti premium yang sudah tidak lagi diperbolehkan Pemerintah untuk dijual. Pertalite memiliki kandungan RON 90 yang berwarna hijau dan jernih.

Memiliki tambahan zat aditif, Pertalite bisa digunakan bagi perjalanan dengan jarak lebih jauh namun harganya lebih murah. Pertalite cocok menjadi bahan bakar kendaraan konvensional seperti Honda Vario, BeAT, dan Yamaha Mio tipe lama.

Mekanik bengkel saat menguras tangki bensin. (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)
Mekanik bengkel saat menguras tangki bensin.  Sebagai ilustrasi (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)

Sementara itu, Pertamax merupakan produk Pertamina yang memiliki oktan lebih tinggi, yaitu RON 92. Pertamax hadir sebagai pengganti Premix dan Super TT yang memiliki bahan MTBE atau ikatan kimia Methyl tert-butyl ether yang berbahaya bagi lingkungan.

Pertamax sangat direkomendasikan bagi kendaraan yang memiliki rasio kompresi 9,1 - 10,1. Khususnya kendaraan dengan teknologi terkini seperti Electronic Fuel Injection (EFI).

Karena kandungan oktan lebih tinggi dibandingkan Pertalite, Pertamax mampu menerima tekanan lebih besar pada mesin yang memiliki kompresi lebih tinggi. Hasilnya, pembakaran menjadi jauh lebih optimal daripada Pertalite.

Selain itu Pertamax juga memiliki tambahan zat additive bernama EcoSave. Zat ini bisa mencegah adanya kerak dalam mesin motor, sehingga komponendapur pacu menjadi lebih awet.

Saran jenis BBM paling cocok untuk sepeda motor setiap orang adalah pilih sesuai rekomendasi buku manual penyerta produk yang diberikan pabrikan. Manfaatnya adalah mesin tahan lebih lama atau awet.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS