Permintaan Toyota HiAce Melonjak, Peruntukannya Jadi Mobil Ambulans

RR Ukirsari Manggalani
Permintaan Toyota HiAce Melonjak, Peruntukannya Jadi Mobil Ambulans
Hiace Ambulance yang dipamerkan dalam Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta Convention Center [Toyota Astra Motor via ANTARA News].

Kondisi pandemi COVID-19 dengan kebutuhan ambulans tinggi, turut menaikkan jumlah pengajuan SPK untuk commercial vehicle.

Suara.com - Di masa pandemi COVID-19, permintaan akan unit mobil tertentu mengalami peningkatan atau bahkan melonjak pesat. Yaitu model yang berpotensi untuk dikonversi menjadi ambulans. Salah satunya adalah Toyota HiAce.

Dikutip dari kantor berita Antara, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa permintaan Toyota HiAce mengalami lonjakan pada September 2020. Sebagian pesanan ini berasal dari rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan kendaraan ambulans.

"HiAce penerimaannya cukup baik bulan ini. SPK (SPK) mencapai 800 unit. Sebanyak 790 sekian unit hingga kemarin, Senin (28/9/2020). Sementara rata-rata permintaan di masa normal hanya sekitar 300 SPK per bulan," jelasnya dalam Workshop Wartawan Industri 2020 yang digelar Astra secara virtual, Selasa (29/9/2020).

Anton Jimmi Suwandy menyebutkan bahwa perolehan pada September itu meningkat cukup tinggi, mengingat penjualan mobil sempat mengalami penurunan signifikan pada April-Mei 2020. Tidak sebatas passenger car, namun commercial vehicle--di mana Toyota HiAce termasuk dalam kategori ini--juga ikut menurun akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Isuzu MU-X 4x4 Susul Produk APM Indonesia yang Dikonversi Jadi Ambulans

Gubernur DKI, Anies Baswedan tengah mencoba operasional peranti ambulans, disaksikan Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono [Dok PT TMMIN].
Toyota Kijang Innova yang dikonversi menjadi ambulans. Tampak Gubernur DKI, Anies Baswedan  dan  Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono [Dok PT TMMIN].

Ternyata, penjualan mobil di sektor niaga atau komersial tadi kembali meningkat pada Juni-Juli 2020.

"Kami melihat memang beberapa bulan belakangan ini market dari commercial vehiclejuga cukup meningkat, dibandingkan dengan kondisi di awal tahun," tandasnya.

Selain Toyota HiAce, di jajaran commercial vehicle, Toyota Hilux juga memperoleh angka penjualan cukup baik. Sebagai contoh, penjualan Hilux Double Cabin mencapai 460 unit SPK pada September 2020, di mana angka ini jauh di atas target perusahaan yakni 300 unit.

Lantas di jajaran passenger car lansiran Toyota, Toyota Kijang Innova adalah model yang turut dikonversi menjadi ambulans untuk menangani kasus COVID-19.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Baca Juga: MPV Laris Jadi Ambulans COVID-19, Dinkes Bangka Distribusikan 12 Unit

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS