alexametrics

Warga Amerika Serikat Gemar Pickup, Versi Listrik Ini Akan Jadi Favorit

RR Ukirsari Manggalani
Warga Amerika Serikat Gemar Pickup, Versi Listrik Ini Akan Jadi Favorit
GMC Hummer EV [General Motors via ANTARA].

Presiden Joe Biden canangkan mobil listrik Amerika Serikat buatan sendiri, kesukaan warga akan pickup juga diakomodasi.

Suara.com - Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden telah menyatakan bahwa negerinya bakal menerapkan kendaraan bertenaga listrik. Dengan unsur patriotisme: produk-produk negeri sendiri akan diberdayakan.

Sementara di sisi lain, kendaraan jenis light truck pickup menjadi favorit bangsa Negeri Paman Sam. Bila dirumuskan, salah satu pilihan kendaraan bagi mereka adalah pickup bertenaga listrik atau masuk kelompok Electric Vehicle (EV).

Dikutip kantor berita Antara dari Detroit Free Press, pasar truk pickup Amerika Serikat bisa saja berubah, karena pabrikan besar sampai startup otomotif meluncurkan pickup bertenaga listrik.

Mike Ramsey, analis otomotif dan transportasi publik Gartner Incorporation yang berbasis di Detroit menyatakan, "Pasar pickup listrik pada awalnya akan menjadi pasar mewah. Jika ada substitusi, kemungkinan itu adalah campuran dari SUV besar dan truk pickup kelas atas, dan orang-orang yang beralih dari mobil kelas atas."

Baca Juga: 50 Tahun PT KTB di Indonesia, Sajikan Truk Listrik dan Digitalisasi

Ford F-150 EV [Ford via ANTARA].
Ford F-150 EV [Ford via ANTARA].

Beberapa nama yang siap berlaga di kategori pickup listrik di Amerika Serikat antara lain adalah General Motors, Ford Motor Company, Tesla Incorporation, serta startup otomotif Rivian Automotive, dan Lordstown Motors.

"Truk pickup EV adalah katalisator untuk kepemilikan kendaraan listrik secara umum," jelas Vanessa Ton, manajer senior perusahaan riset Cox Automotive, seperti dikutip kantor berita Antara dari Detroit Free Press, Selasa (2/2/2021).

"Ini momen yang sangat penting. EV dimulai sebagai sedan, lalu kami mulai melihat lebih banyak SUV tersedia dalam versi EV. Tapi pickup adalah jenis yang berbeda. Ada unsur budaya berbicara di sini," imbuhnya.

Sebagai investor untuk Rivian Automotive, Cox Automotive telah melakukan riset konsumen akhir 2020. Data menunjukkan, dua dari lima konsumen yang ingin membeli pickup baru dua tahun lagi mempertimbangkan versi pickup listrik.

Berikut adalah beberapa pickup bertenaga listrik yang bakal berlaga seru di pasar otomotif Amerika Serikat:

Baca Juga: Truk dan Pickup Listrik Marak di Amerika Serikat, Ini Strategi Fiat Ram

GMC Hummer EV

  • General Motors menyiapkan model flagship GMC Hummer EV pada akhir tahun ini, dan menjual produk yang dibanderol 112.595 dolar AS sekira Rp1,6 miliar.
  • Spesifikasi 1.000 tenaga kuda untuk versi termewahnya, menggunakan tiga motor listrik yang mampu menempuh 562 km dalam sekali pengisian daya listrik hingga penuh.

Ford F-150

  • Siap muncul dalam versi listrik pada 2022.
  • Disebutkan responden menilai pesona Ford F-150 tidak akan memudar kendati diubah menjadi versi Electric Vehicle atau EV.
Tesla Cybertruck [Tesla via ANTARA].
Tesla Cybertruck [Tesla via ANTARA].

Tesla Cybertruck

  • Tesla Cybertruck dengan desain unik telah memiliki portofolio penjualan mobil listrik yang baik di beberapa negara di dunia.
  • Ditawarkan 39.900 dolar AS atau setara Rp560 juta, atau sepertiga dari harga GMC Hummer EV.

Rivian R1T

  • Dengan backup Amazon ada di belakang mereka, Rivian Automotive menjadi startup mobil listrik yang seru.
  • Rivian akan memasarkan pickup R1T yang diproduksi sendiri di pabrik Illinois, Amerika Serikat.
  • Harga mencapai 67.500 dolar AS atau Rp950 juta.
  • Pengisian baterai sekali untuk menjangkau jarak 480 km hingga 643 km.

Lordstown Motors

  • Lordstown Motors Endurance, pickup dengan dimensi mirip Ford F-150, sejak September 2020.
  • Penempatan motor listrik pada setiap roda dimaksudkan untuk menciptakan traksi terbaik. Mereka juga berencana memproduksi mobil EV dengan motor listrik yang ditempatkan pada sasis, seperti mobil konvensional.
  • Dipasarkan dengan harga 52.500 dolar AS atau Rp738 juta.
  • Daya jelajah 402 km untuk sekali pengisian baterai sampai penuh.

Komentar