alexametrics

Mobile Laboratorium PCR di Jambi Berikan Lantatur Atau Sistem Drive Thru

RR Ukirsari Manggalani
Mobile Laboratorium PCR di Jambi Berikan Lantatur Atau Sistem Drive Thru
Dirut RS Pertamina Baiturrahim Jambi Jasril Hadiyanto bersama Wakil Wali Kota Jambi Maulana saat peresmian operasional mobile laboratorium PCR drive thru di RS Baiturrahim Jambi, Senin (21/6/2021). [Antara/Muhamad Hanapi]

Di Jambi kini tersedia layanan tanpa turun atau lantatur untuk pemeriksaan Covid-19.

Suara.com - Rumah Sakit Pertamina Baiturrahim Jambi mulai mengoperasikan Mobile Laboratorium PCR dengan sistem layanan tanpa turun atau lantatur, alias drive thru bagi masyarakat di provinsi ini. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

"Mobile Laboratorim PCR nantinya akan melaksanakan layanan tanpa turun, warga yang akan melakukan tes cukup berada di kendaraan mereka, nanti petugas akan mengambil sampel tes dan akan langsung dilakukan tes di Mobile Laboratorium PCR," jelas Jasril Hadiyanti, Direktur Utama RS Pertamina Baiturrahim Jambi di Jambi, Senin (21/6/2021).

Layanan tes PCR dengan sistem lantatur ini dilaksanakan demi efektivitas layanan tes PCR dan memudahkan warga melaksanakan tes PCR Covid-19.

Mobile Laboratorium PCR ini nantinya akan ditempatkan di tempat umum dalam wilayah Kota Jambi. Seperti di Tugu Keris Siginjai Jambi, kawasan Danau Sipin, swalayan, serta tempat umum lainnya.

Baca Juga: Best 5 Oto: Logo BTS Mirip Produk Otomotif. Mitsubishi Luncurkan Black Edition

Sungai Batanghari di Jambi. (Antara)
Kota Jambi dengan Sungai Batanghari. Sebagai ilustrasi [Antara].

Selain itu Mobile Laboratorium PCR juga akan dimanfaatkan untuk melakukan tes PCR di daerah-daerah yang berada di zona merah Covid-19. Sehingga warga di zona itu tidak perlu datang ke fasilitas kesehatan untuk melakukan tes.


"Mobile Laboratorium PCR dilengkapi empat unit mesin tes PCR, hasil keluar setelah empat jam, sehingga warga tidak perlu menunggu selama berhari-hari untuk mendapatkan hasil tes," lanjut Jasril Hadiyanto.

Dalam satu kali pengetesan Mobile Laboratorium PCR dapat melakukan tes untuk 32 sampel. Jika diefektifkan selama 24 jam, dapat melakukan tes terhadap 300 sampai 400 sampel.

Kehadiran Mobile Laboratorium PCR ini dilakukan untuk meningkatkan testing dan penelusuran (tracing) terhadap pasien Covid-19, mengingat saat ini terjadi lonjakan pasien terkonfirmasi positif virus Corona di Provinsi Jambi.

Mobile Laboratorium PCR ini adalah hasil sinergi BUMN Pertamina grup, antara PT Pertamedika IHC, RS Pertamina Baiturahim Jambi, PT Pratama Mitra Sejati dan PT Nakeda Multi Transpor.

Baca Juga: Mesranya AHY Boncengan dengan Ridwan Kamil Naik Moge, Serasa Jadi Driver Ojol

"Sebagai Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19 di Jamb, kami berupaya mengembangkan layanan, sehingga dapat memangkas waktu untuk mengetahui hasil tes," kata Jasril Hadiyanto.

Sejauh ini, di Indonesia baru terdapat empat unit Mobile Laboratorium PCR serupa, yang berlokasi di Medan, Jakarta dan Jambi.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan bahwa Mobile Laboratorium PCR bisa dimanfaatkan untuk melakukan tes PCR di kelurahan yang dilockdown oleh Satgas Covid-19. Sehingga warga di lokasi itu tidak perlu melakukan tes PCR di fasilitas kesehatan.

"Kehadiran Mobile Laboratorium PCR ini sangat membantu petugas melakukan penelusuran (tracing) dan pelacakan (tracking) di daerah yang dilockdown karena penerapan PPKM mikro," pungkas Wali Kota Jambi, Maulana.

Komentar