alexametrics

Yamaha Diagnostic Tools (YDT), Dokter Digital untuk Servis Motor Cepat dan Akurat

RR Ukirsari Manggalani
Yamaha Diagnostic Tools (YDT), Dokter Digital untuk Servis Motor Cepat dan Akurat
Dokter digital tengah dioperasikan mekanik untuk mendeteksi kondisi malfungsi Yamaha Gear 125. Sebagai ilustrasi [PT YIMM].

Rutin memeriksakan sepeda motor ke bengkel resmi membuat kendaraan selalu optimal. Ini "dokternya".

Suara.com - Mengantar sepeda motor kesayangan secara rutin untuk diperiksa adalah langkah menjaga performa kendaraan. Bagi pemilik sepeda motor Yamaha, bengkel resmi menyiapkan program Yamaha Diagnostic Tools (YDT). Yaitu fasilitas pendukung perawatan sepeda motor sistem injeksi Yamaha. Perannya bisa dijuluki dokter digital, dengan salah satu fungsi memberikan notifikasi untuk malfungsi kendaraan.

Kekinian digunakan secara konsisten di seluruh Bengkel Resmi Yamaha, untuk memeriksa kondisi semua jenis sepeda motor injeksi buatan pabrik berlogo garpu tala ini.

"Perkembangan teknologi sepeda motor semakin canggih, dan dilengkapi berbagai macam sensor. Hal ini tentunya mempengaruhi cara perawatan dan pengecekan sepeda motor," kata Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam keterangan tertulis sebagaimana diterima Suara.com.

Mekanik tengah mengganti kamps rem dan memeriksa piringan rem. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/davidpereiras].
Mekanik tengah mengganti kamps rem dan memeriksa piringan rem. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/davidpereiras].

"Jika dulu menggunakan sistem pengecekan manual, kini Yamaha menggunakan perangkat digital Yamaha Diagnostic Tools (YDT) dan computer untuk mendukung perawatan sepeda motor injeksi Yamaha menjadi lebih cepat dan akurat,"  lanjutnya.

Baca Juga: Jaga Ban Sepeda Motor Awet, Jangan Over Kapasitas Atau Kebanyakan Muatan

Motor Yamaha dengan teknologi Blue Core memiliki beberapa sensor yang yang akan memberikan informasi ke ECU (Electronic Control Unit). Sensor ini antara lain adalah Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Crankshaft Position Sensor (CPS), O2 Sensor, hingga Engine Temperature Sensor.

Agar kondisi sepeda motor tetap optimal, sensor tadi wajib diperiksa kondisinya menggunakan YDT.

Nah, YDT adalah alat untuk mendiagnosa fungsi setiap sensor, troubleshooting, pencatatan riwayat kerusakan, hingga pemrograman ulang ECU.

YDT menjadi alat ukur spesifik yang disambungkan ke komputer untuk mengecek kondisi sepeda motor yang sudah memiliki banyak sensor, khususnya pada sistem FI.

Dengan menggunakan YDT, bisa didapatkan akurasi hasil pemeriksaan atas sepeda motor pengguna. Yang didistribusikan dalam bentuk data berupa:

Baca Juga: Digelar Virtual, Federal Oil Ungkap Strategi Baru Solusi Perawatan Motor

  • Notifikasi malfungsi pada sepeda motor.
  • Mempercepat analisa saat troubleshooting karena jika ada kerusakan atau setelan yang tidak sesuai akan langsung tampil di layar komputer.
  • Memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan jelas kepada konsumen mengenai kondisi sebelum dan sesudah service.
  • Mendapatkan hasil diagnostic dengan lebih cepat dan akurat.
  • Menyimpan seluruh data riwayat servis, sehingga konsumen dapat melakukan pengecekan sistem injeksi di seluruh jaringan Bengkel Resmi Yamaha se-Indonesia.

Jadi, bagi pengguna sepeda motor Yamaha, jangan lupa untuk melakukan pengecekan ke bengkel resmi secara rutin. Perangkat YDT siap memberikan hasil deteksi terkini.

Komentar