facebook

Intip Kelebihan dan Kekurangan Mobil yang Dimodifikasi Jadi Ceper

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Intip Kelebihan dan Kekurangan Mobil yang Dimodifikasi Jadi Ceper
Sebuah mobil hasil modifikasi dengan ground clearance rendah. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Tampilan keren sudah pasti, namun sudah siapkah mengorbankan kenyamanan? Silakan simak wacananya di sini.

Suara.com - Para pembuat mobil sudah mendesain sebuah mobil dengan matang untuk dipasarkan. Namun para konsumen seakan tidak pernah puas dari sisi tampilan. Terlebih untuk para pencinta modifikasi. Membuat mobil modifikasi adalah hal seru.

Salah satu hal yang banyak dilakukan untuk membuat mobil lebih menarik adalah dengan memangkas ground clearence mobil atau lebih dikenal sebagai gaya ceper, dibuat ceper, atau diceperin.

Bila dilakukan dengan benar, tampilan mobil akan terlihat lebih menarik. Namun demikian, membuat kendaraan lebih ceper dari standar aslinya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut kelebihan dan kekurangan jika menceperkan mobil seperti dikutip dari laman Deltalube:

Baca Juga: Francesco Bagnaia Kecelakaan Mobil di Ibiza, Ini Pesannya Kepada Sesama Pengguna Jalan Raya

Kelebihan

Sebuah mobil yang memiliki ground clearance rendah memungkinkan untuk mendapatkan aerodinamika yang lebih baik. Aliran angin dari bagian kolong mobil menjadi rendah. Alhasil mobil dapat mencengkeram aspal lebih baik.

Berikutnya, mobil mendapat kestabilan yang lebih baik. Hal ini karena semakin rapat ke tanah, semakin rendah pula pusat gravitasinya. Dampaknya, mobil semakin enak diajak bermanuver.

Mobil yang dibuat ceper bakal mendongkrak tampilan. Secara visual lebih enak dipandang akibat jarak fender yang rapat dengan dinding ban.

Ilustrasi modifikasi mobil. (pixabay.com)
Ilustrasi modifikasi mobil. (pixabay.com)

Kekurangan

Baca Juga: Menyasar Kaum Hawa, Mobil Listrik Mini BAW Yuanbao Beredar di China dengan Kisaran Harga Rp 76 Juta

Mobil yang sudah dibuat ceper akan lebih sensitif terhadap tekstur jalan. Hasilnya, guncangan di dalam mobil lebih terasa. Hal ini bisa membuat penumpang merasa tidak nyaman.

Kondisi jalan tidak selalu seperti yang diharapkan. Ada kalanya akan bertemu dengan jalan yang tidak rata atau bergelombang. Sehingga pemilik mobil ceper akan kesulitan untuk melewati jalan rusak atau polisi tidur.

Selanjutnya adalah, mobil ceper bisa berdampak pada lebih pendeknya usia suspensi. Komponen kaki-kaki dipaksa bekerja keras untuk menopang mobil. Jadi jangan heran bila punya mobil ceper, akan lebih sering mengganti komponen kaki-kaki.

Permukaan jalan yang tidak rata bukan cuma susah untuk dilewati mobil ceper. Karena bagian bawah mobil semakin dekat dengan tanah, bemper bagian depan atau belakang kerap menjadi korban gesekan dengan tanah atau aspal. Belum lagi bagian knalpot bakal sering tersangkut saat melewati polisi tidur.

Komentar