Polres Cianjur Turunkan Puluhan Anggota dengan Motor Trail untuk Salurkan Bantuan ke Daerah Terisolasi

RR Ukirsari Manggalani
Polres Cianjur Turunkan Puluhan Anggota dengan Motor Trail untuk Salurkan Bantuan ke Daerah Terisolasi
Petugas bermotor dari Polres Cianjur, Jawa Barat, distribusikan bantuan untuk warga gempa di daerah terujung meski jalur yang dilalui cukup ekstrem.(ANTARA/Ahmad Fikri)

Bantuan berupa obat-obatan serta logistik dibawa ke daerah-daerah terisolasi karena Gempa Cianjur.

Suara.com - Sepekan pascagempa di Cianjur (21/11/2022), evakuasi dan bantuan terus bergulir. Termasuk berbagai upaya mencapai daerah paling terisolasi. Salah satunya adalah kegiatan menyalurkan bantuan obat-obayan dan logistik yang dilakukan para petugas  Polres Cianjur, Jawa Barat.

Dikutip dari kantor berita Antara, Polres Cianjur menurunkan puluhan anggota bermotor trail untuk menyalurkan logistik dan bantuan obat-obatan ke posko kesehatan di daerah terujung yang masih terisolasi. Tujuannya agar bantuan bisa sampai, utamanya mencapai perkampungan warga terdampak.

Kapolres Cianjur Jawa Barat, AKBP Doni Hermawan di Cianjur, Senin (28/11/2022) menyatakan bahwa 32 anggota Polres Cianjur menggunakan sepeda motor jenis trail bertugas menyalurkan obat-obatan ke posko terjauh ketika terjadi antrean kendaraan dan longsor susulan.

Kendaraan terjebak kemacetan menuju lokasi bencana di Jalan Raya Cianjur-Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp].
Arahan dari Polres Cianjur adalah tidak melakukan konvoi kendaraan dalam menyalurkan bantuan.  Foto tentang kemacetan menuju lokasi bencana di Jalan Raya Cianjur-Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022), sebagai ilustrasi [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp].

"Sepeda motor dapat menjangkau daerah terluar yang belum mendapat pasokan, ketika kendaraan roda empat tidak bisa sampai ke lokasi. Setiap hari puluhan anggota bermotor akan menyuplai obat-obatan dan bantuan lain ketika terjadi kemacetan," papar AKBP Doni Hermawan.

Baca Juga: Tak Maksimal Tangani Masalah Pascagempa, Kepala BPBD dan Kasatpol PP Cianjur Mundur

Meski berisiko tinggi, puluhan anggota bermotor tetap menjalankan tugas kemanusiaan agar warga korban gempa tidak mengalami kesulitan akibat bantuan logistik tidak kunjung sampai.

Polres Cianjur juga mendapat bantuan helikopter untuk menyalurkan logistik ketika tidak terjangkau melalui darat.

Jumlah personel bermotor akan ditambah sesuai kebutuhan agar warga di kecamatan terdampak tidak sampai kesulitan mendapatkan bantuan. Sedangkan bagi warga yang belum mendapatkan bantuan juga bisa datang langsung ke Polres Cianjur.

"Kami juga menyalurkan bantuan dari Mabes Polri, Polda dan Polres se-Indonesia, kalau ada warga yang belum mendapatkan atau butuh bantuan logistik dapat datang langsung ke Mapolres Cianjur," ujar AKBP Doni Hermawan.

Polres Cianjur juga mengimbau warga yang hendak menyalurkan bantuan agar tidak melakukan konvoi kendaraan. Pasalnya bisa mengganggu proses evakuasi dan penyaluran distribusi yang dilakukan relawan dari berbagai bidang. Termasuk jalur tangki air dalam memenuhi kebutuhan air bersih para pengungsi.

Baca Juga: Fakta-Fakta Kompol D, yang Ditahan Propam Terkait Perselingkuhannya dengan Penumpang Audi A6 Penabrak Selvi Amalia Nuraeni