Ini Alasan Fasilitas Riset Kendaraan Listrik Toyota Indonesia Dinamakan xEV Center

RR Ukirsari Manggalani
Ini Alasan Fasilitas Riset Kendaraan Listrik Toyota Indonesia Dinamakan xEV Center
Bedah Toyota Prius yang memperlihatkan kinerja mesin hybrid electric vehicle di fasilitas xEV Center Toyota di Karawang, Jawa Barat [ANTARA/Ade Irma Junida]

Fasilitas xEV TMMIN berada di Karawang, Jawa Barat. Memajang banyak mobil elektrifikasi.

Suara.com - Beberapa saat lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meresmikan fasilitas Toyota xEV Center di TMMIN Karawang Plant 3 di Karawang, Jawa Barat.

Dikutip dari kantor berita Antara, pengadaan fasilitas ini membuktikan komitmen Toyota Indonesia dalam mendukung pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission atau NZE pada 2060.

Yaitu dengan menyediakan ruang penelitian serta display kendaraan elektrifikasi. Bisa disimak di antaranya adalah hasil riset dari tujuh Universitas ternama di Indonesia untuk kendaraan ramah lingkungan.

"Mengapa dinamakan xEV Center, x diartikan sebagai berbagai teknologi elektrifikasi, seperti hybrid, plug-in hybrid, BEV, serta FCEV," papar Presenter xEV Center, Nathasya Nathalia.

Baca Juga: Turut Bangun Perekonomian Negara, Imigrasi Jamin Investor Asing Mudah Masuk Indonesia

Fasilitas xEV Center Toyota di Karawang, Jawa Barat. [ANTARA/Ade Irma Junida].
Fasilitas xEV Center Toyota di Karawang, Jawa Barat. [ANTARA/Ade Irma Junida].

xEV Center ini memiliki empat zona berbeda dengan bahasan yang beragam di masing-masing zona. Yaitu Inisiatif Lingkungan, Teknologi, Ekosistem Hijau, serta Komunitas Berkelanjutan.

Memasuki gedung, tampak irisan Toyota Prius Hybrid yang menyajikan teknologi elektrifikasi produk ini. Dengan membuat penampang terbuka, maka pengunjung akan mendapatkan visual langsung tentang cara kerja mesin hybrid milik Toyota.

Di zona Inisiatif Lingkungan, pengunjung bisa menyimak berbagai penjelasan mengenai kondisi lingkungan global dan Paris Agreement. Kini diadopsi negara-negara di dunia untuk mencapai netralitas karbon. Tak terkecuali Indonesia.

Zona ini juga menyajikan peta jalan energi di Indonesia, untuk mendukung upaya menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan partisipasi aktif Toyota dalam Toyota Environmental Challenge 2050.

Di zona kedua, yakni Zona Teknologi menjelaskan klasifikasi kendaraan ICE dan xEV dilengkapi cuplikan video yang mendemonstrasikan cara kerja kendaraan xEV. Tujuannya memudahkan masyarakat memahami.

Baca Juga: Toyota Indonesia Catat Rekor Ekspor Sepanjang 2022, 297 Ribu Unit Dikirim ke 80 Negara Lebih

Selain itu, ada pula tampilan xEV Cut Body di zona teknologi sebagai ilustrasi simulasi energi kendaraan xEV. Juga dijelaskan komponen utama xEV melalui wallchart. Penjelasan rinci komponen juga dapat diakses melalui Virtual Reality dan Augmented Reality.

Fasilitas pembelajaran mobil listrik Toyota xEV Center diresmikan di Karawang, Jawa Barata pada Kamis (19/5/2022). [Antara]
Fasilitas pembelajaran mobil listrik Toyota xEV Center diresmikan di Karawang, Jawa Barata pada Kamis (19/5/2022). [Antara]

Di zona tiga yakni Ekosistem Hijau, pengunjung akan diberikan penjelasan mendetail mengenai konsep elektrifikasi dari hulu ke hilir yang belum diketahui masyarakat. Tampilannya berupa diorama yang semakin memudahkan pengunjung untuk memahami.

Di sini pengunjung mendapat informasi mengenai ekosistem xEV, jenis pengisian daya, hingga peralatan kelistrikan juga tersedia di zona ini. Bisa disimak contohnya model PHEV serta Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU. Juga penggunaan xEV sebagai sumber tenaga dan umur kendaraan, serta pengolahan limbah baterai nantinya melalui proses 3R.

Di zona terakhir, pengunjung bisa menyimak berbagai riset yang sudah dilakukan Toyota bersama pemerintah. Serta tujuh universitas di Tanah Air seperti UI, LPEM UI, ITB, UGM, UNS, ITS, Universitas Udayana, dan Universitas Diponegoro.

Selesai dari empat zona sebagai sarana edukasi tadi, pengunjung bisa merasakan secara nyata sensasi berkendara kendaraan berlistrik di area Driving Experience. Serta fasilitas pengisian daya di area Outdoor Charging Station.

Bagaimana caranya berkunjung ke Fasilitas xEV Center di TMMIN Karawang Plant 3?

Para pengunjung wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui pesan elektronik. Kesempatan terbuka mulai tahun depan.

"Kami banyak menerima kunjungan dari berbagai instansi pemerintah dan swasta. Serta akademisi. Saat ini jadwal kunjungan sudah penuh sehingga kami buka tahun berikutnya," jelas Nathasya Nathalia.