Piala Presiden e-Sports 2019 Terinspirasi dari Harapan Jokowi

Rizki Nurmansyah | Tivan Rahmat
Piala Presiden e-Sports 2019 Terinspirasi dari Harapan Jokowi
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko (ketiga dari kiri) dan Presiden IESPL Giring Ganesha (kiri) usai meresmikan turnamen Piala Presiden e-Sports 2019 di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019). [Dok. Kominfo]

"Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin suatu saat Indonesia memiliki sumber daya manusia gamers yang unggul."

Suara.com - Pemerintah resmi menggulirkan turnamen e-Sports bertajuk Piala Presiden e-Sports 2019. Turnamen ini akan berlangsung pada Februari-Maret mendatang.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengatakan, tujuan diadakannya turnamen ini untuk memunculkan atlet-atlet di bidang e-Sports.

"Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin suatu saat Indonesia memiliki sumber daya manusia gamers yang unggul dan berkompeten di bidang e-Sports," kata Moeldoko, dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Senin (28/1/2019).

"Beliau menginginkan pemerintah untuk memberikan perhatian khusus terhadap potensi generasi milenial dan para gamers," ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Indonesia Esport Premier League (IESPL) Giring Ganesha menyebut, penyelenggaraan Piala Presiden e-Sports 2019 terinspirasi dari harapan Presiden Jokowi yang menginginkan kemajuan ekosistem e-Sports di Indonesia.

Giring menyebut bahwa sebenarnya Indonesia memiliki talenta-talenta yang berpotensi untuk mengharumkan nama Indonesia lewat jalur e-Sports.

"Padahal mereka yang ada di penjuru Indonesia sebenarnya punya bakat untuk memajukan e-Sports di Indonesia. Sayang, prestasi mereka kurang terdengar sehingga bakatnya enggak tersalurkan seutuhnya," ujar vokalis band Nidji tersebut.

Selain itu, Giring juga menyebut bahwa saat ini terdapat 50 juta pemain video game aktif di seluruh Indonesia.

Hal ini tidak terlepas dari pesatnya penyebaran akses internet di nusantara.

"Perkembangan pesat ini tak lepas dari stabilnya jaringan internet di Indonesia dan meluasnya transaksi secara daring sebagai bukti pertumbuhan ekonomi digital kita," pungkas Giring Ganesha

Sebagai informasi, kompetisi Piala Presiden e-Sports 2019 terlaksana melalui kerjasama antara Kementerian Kominfo, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kantor Staf Presiden, Badan Ekonomi Kreatif, dan IESPL.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS