alexametrics

Joan Mir, Sang Pemuncak Klasemen yang Belum Pernah Menang di MotoGP 2020

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Joan Mir, Sang Pemuncak Klasemen yang Belum Pernah Menang di MotoGP 2020
Pebalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir. [JOE KLAMAR / AFP]

Joan Mir berpeluang jadi juara dunia sekaligus berpeluang mencatatkan rekor unik di MotoGP 2020.

Suara.com - Rider Suzuki Ecstar, Joan Mir belum juga membukukan kemenangan meski MotoGP 2020 telah berlangsung 11 seri. Kondisi itu membuatnya berpeluang mengikuti jejak manajer Marc Marquez, Emilio Alzamora.

Yang menarik, meski belum sekalipun meraih podium juara, Joan Mir kekinian masih memuncaki klasemen sementara pebalap MotoGP 2020 dengan raihan 137 poin.

Dengan hanya tiga seri balapan tersisa, pebalap Spanyol itu pun berpeluang alias bisa meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 tanpa sekalipun mendapatkan kemenangan di sepanjang musim.

Apabila hal itu terjadi, Mir pun akan menyamai torehan Emilio Alzamora yang berhasil menjadi juara kelas 125cc pada musim 1999 silam. Kala itu, Alzamora jadi kampiun meski nirkemenangan di sepanjang musim.

Baca Juga: Kritisi Motor Yamaha, Vinales Menyerah Kejar Joan Mir

Mir sendiri mengaku hanya ingin naik podium tanpa memikirkan harus jadi yang terdepan di akhir balapan. Hal itu dia ungkapkan usai MotoGP Teruel 2020 akhir pekan lalu.

”Jujur, di MotoGP Teruel saya hanya ingin finis podium. Saya tahu sulit untuk finis pertama dengan start dari urutan ke-12," ungkap Joan Mir dikutip dari Crash, Selasa (27/10/2020).

"Saya berusaha untuk menjaga waktu selama balapan, saya secepatnya menyalip para pebalap lain untuk berada di depan dan memangkas jarak dengan pimpinan balapan," tambahnya.

Pada MotoGP Teruel di Sirkuit MotorLand Aragon, Mir sendiri praktis tampil fantastis. Bagaimana tidak, dia berhasil finis ketiga di belakang Franco Morbidelli dan rekan setimnya, Alex Rins, meski hanya start dari posisi ke-12.

Permasalahan Mir di MotoGP 2020 sendiri disebut-sebut hanya berada di sesi kualifikasi di sepanjang musim, di mana dia kesulitan untuk mendapat posisi start yang baik.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Sebut Gelar Juara Untuknya Sulit Didapat, Ini Alasannya

"Tapi, akhirnya saya cuma sanggup sampai di situ saja. Saya sama sekali tidak memikirkan soal klasemen saat balapan dimulai," beber Mir.

Komentar