alexametrics

PON Papua: Satgas COVID-19 Minta Prokes di Semua Venue Diperketat

Syaiful Rachman
PON Papua: Satgas COVID-19 Minta Prokes di Semua Venue Diperketat
Dian Wisnuwardhani, anggota tim Satgas COVID-19 yang meninjau penerapan protokol kesehatan di venue-venue PON XX Papua 2021. (Raymond Latumahina/suara.com)

Masih ada beberapa venue yang belum menerapkan prokes.

Suara.com - Satuan tugas penanganan COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada Panita Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua 2021 memperketat protokol kesehatan di seluruh venue yang akan digunakan.

Sebab, berdasarkan hasil observasi dari tim Satgas COVID-19 BNPB, masih terdapat beberapa venue yang belum menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan, seperti tidak ada tempat cuci tangan atau hand sanitizer.

Dian Wisnuwardhani, selaku anggota Tim Satgas COVID-19 yang meninjau langsung beberapa venue tersebut, telah meminta kepada penanggung jawab masing-masing venue untuk memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

"Kita bantu mengingatkan juga kepada orang-orang yang jadi penanggung jawab di venue tersebut. Kita lebih banyak observasi, bertanya, dan melaporkan," ungkap Dian Wisnuwardhani saat meninjau langsung penerapan protokol kesehatan di Stadion Mahachandra Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Gubernur Papua Lukas Enembe Pastikan Papua Siap Gelar PON XX

Selain meninjau Stadion Mahachandra Universitas Cenderawasih. Tim Satgas COVID-19 BNPB juga mengunjungi Stadion Mandala Jayapura, venue yang juga bakal dijadikan sebagai tempat pertandingan babak penyisihan grup cabang olahraga sepak bola.

"Sejauh ini Stadion Mandala yang jauh lebih siap. Sudah ada wastafel, hand sanitizer, kalau yang di sini (Stadion Mahachandra) belum ada. Tapi tadi saya bertanya, katanya di sini nanti akan dibuatkan," katanya.

Tak hanya dua venue tersebut, tim Satgas COVID-19 BNPB juga memantau penerapan protokol kesehatan yang ada di venue cabang olahraga bola voli indoor dan voli pantai, cabang olahraga binaraga, dan cabang olahraga dayung.

Melihat hasil dari observasi di beberapa venue tersebut, Dian berharap masalah penerapan protokol kesehatan ini bisa segera diatasi mengingat jadwal pertandingan PON XX Papua 2021 yang sudah semakin dekat.

"Jadi setiap hari kita akan pantau terus bagaimana perkembangannya. Tapi tugas kita kan sampai tanggal 26 September, nanti ada lagi petugas Satgas Covid-19 yang datang lagi. Kita lihat proses kesiapannya," ujarnya.

Baca Juga: PON Papua: Tim Softball Putra DKI Jakarta Siap Tempur

Sebelumnya, melalui Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Prasinta Dewi, mengatakan BNPB akan mendukung pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan ini, khususnya dalam hal dukungan penerapan protokol kesehatan.

"Arahan Kepala BNPB selaku Kasatgas ini adalah kita harus mendukung kelancaran penyelenggaraan PON XX di Papua dan meningkatkan kesiapan dari setiap individu yang terlibat baik menghadapi bencana selama penyelenggaraan PON XX," kata Prasinta Dewi seperti yang dilansir dari kanal YouTube BNPB Indonesia, beberapa hari yang lalu.

Kontributor : Raymond Latumahina

Komentar