facebook

Verstappen Jangan Coba-coba Tabrak Hamilton di F1 GP Abu Dhabi, Sanksinya Berat

Arief Apriadi
Verstappen Jangan Coba-coba Tabrak Hamilton di F1 GP Abu Dhabi, Sanksinya Berat
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton (kiri) and pembalap Red Bull Max Verstappen (kanan) di podium setelah setelah masing-masing meraih posisi pertama dan kedua di F1 GP Brasil di Interlagos, Sao Paulo, pada 14 November 2021. CARL DE SOUZA / AFP

F1 GP Abu Dhabi akan jadi seri penentuan gelar juara yang tengah diperebutkan Max Verstappen dan Lewis Hamilton.

Suara.com - Race director Formula 1 (F1), Michael Masi memperingatkan lebih dini agar para pebalap tampil sportif dalam seri penentuan gelar juara dunia yakni F1 GP Abu Dhabi yang akan bergulir pada Minggu (12/12/2021).

Para pebalap F1 yang kedapatan bertindang curang, akan diskors atau bahkan kehilangan seluruh poin yang mereka miliki sepanjang musim.

Sanksi berat itu disiapkan salah satunya untuk menghindari potensi terjadinya skenario 'kotor' yang bisa dilakukan pebalap Red Bull Max Verstappen.

Verstappen saat ini menduduki puncak klasemen F1 2021. Poin yang dimilikinya setara dengan rival utama, Lewis Hamilton, tetapi unggul jumlah kemenangan, sembilan berbanding delapan.

Baca Juga: Hasil FP2 F1 GP Arab Saudi: Lewis Hamilton Tercepat, Verstappen Kesulitan

Kondisi itu membuat Verstappen lebih unggul karena apabila keduanya gagal meraih poin, maka dirinya lah yang berhak dinobatkan sebagai juara dunia F1 2021.

Kedua pebalap telah bersenggolan di trek sedikitnya tiga kali musim ini, termasuk dalam balapan sebelumnya di Arab Saudi sehingga timbul kekhawatiran balapan akhir pekan nanti berujung dengan tabrakan lagi.

Akan tetapi, Masi dengan tegas memperingatkan bahwa skenario semacam itu bisa berakibat konsekuensi yang berat sehingga menandaskan kode olahraga internasional terkait tindakan tidak sportif.

"Khususnya saya ingin mengingatkan Anda untuk mematuhi artikel yang dirinci di bawah ini," kata Masi dalam pernyataan tertulis seperti dikutip Reuters.

Dia menunjuk Artikel 12.2.1 yang mengatur "setiap perlanggaran dari prinsip keadilan dalam kompetisi, perilaku tidak sportif atau upaya mempengaruhi hasil dari suatu kompetisi dengan cara yang bertentangan dengan etika olahraga."

Baca Juga: Lewis Hamilton Tercepat di Sesi Latihan Bebas Pertama Grand Prix Arab Saudi

Masi juga mengutip Artikel 12.4.5 yang mengatur penalti yang bisa dijatuhkan steward termasuk "penangguhan untuk satu kompetisi atau lebih, penarikan poin untuk kejuaraan."

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar