Google Siap Bikin Sertifikasi Smartphone Gaming, Ini Syaratnya

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Google Siap Bikin Sertifikasi Smartphone Gaming, Ini Syaratnya
Ilustrasi aneka ponsel gaming . (HiTekno.com)

Mobile gaming menjadi tren pasar terbaru untuk sebagian besar pembuat smartphone.

Suara.com - Mobile gaming menjadi tren pasar terbaru untuk sebagian besar pembuat smartphone. Tak hanya itu, beberapa game mobile pun menjadi semakin populer seperti PUBG Mobile dan Call of Duty: Mobile. Namun, pembuat smartphone mengklaim handset buatannya merupakan smartphone gaming tanpa ada pengujian resmi.

Oleh karena itu, Google dilaporkan tengah menyiapkan sertifikasi smartphone gaming untuk para produsen. Sertifikasi ini bertujuan untuk memberi standar baru buat ponsel gaming berplatform Android.

Sertifikasi ini juga dibuat dengan harapan produsen smartphone dapat menaati peraturan yang ada sebagai syarat mutlak yang harus ada di dalam ponsel gaming.

Syarat-syarat itu sendiri tertuang dalam dokumen Google GMS yang mencakup smartphone gaming harus memiliki chipset CPU dan GPU performa tinggi paling mutakhir, dukungan API Vulkan versi 1.1 serta OpenGL ES untuk menjamin kompatibilitas perangkat dengan game yang beredar, dan produsen harus membuat smartphone yang mampu menyisakan penyimpanan sebesar 2,3 GB.

Logo Google. [Suara.com]
Logo Google. [Suara.com]

Sebagaimana dilansir laman XDA Developers, Google sendiri belum mengumumkan mengenai program sertifikasi ini kepada publik. Saat ini, tidak ada perangkat di pasaran yang telah menerima sertifikasi game.

Google mengatakan bahwa perangkat yang ikut serta dalam program ini harus menyatakan dukungan untuk bendera fitur com.google.android.feature.GAMECERT_PREVIEW.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS