Salut! Taati Peraturan Larangan Plastik, Aksi Warganet Ini Tuai Pujian

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Salut! Taati Peraturan Larangan Plastik, Aksi Warganet Ini Tuai Pujian
Warga membawa barang bawaan menggunakan tas plastik. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Pemkot Bogor telah memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik kepada semua pertokoan modern.

Suara.com - Pemkot Bogor telah memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik kepada semua pertokoan modern sejak Desember 2018. Pelarangan tersebut bertujuan mengurangi sampah plastik dari toko-toko modern yang mencapai 1,7 to per hari di Kota Bogor.

Oleh karena itu, para pembeli harus membawa sendiri kantong, tas, atau kardus ketika berbelanja. Baru-baru ini, beredar di media sosial Twitter aksi kreatif seorang lelaki yang berbelanja di salah satu minimarket dengan menggunakan karung yang umumnya digunakan untuk beras.

Dibagikan oleh akun Twitter @m_septianaap pada 18 Oktober, ia merekam temannya yang tengah berbelanja beberapa makanan dan minuman. Namun karena tidak memiliki kantong, ia akhirnya membawa karung beras di rumahnya untuk dimanfaatkan.

"Di Bogor tuh nggak ada plastik. Jadi gue prepare dari rumah, adanya karung ya gue bawa," ucapnya dalam video berdurasi 34 detik tersebut.

Aksi warganet yang mentaati aturan larangan plastik. [Twitter]
Aksi warganet yang mentaati aturan larangan plastik. [Twitter]

Lucunya, lelaki dalam video tersebut yang diketahui bernama Andreas itu membawa karung dengan cara dipanggul dan mengundang tawa temannya yang merekam hingga meledeknya dengan sebutan maling.

Video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 521,8 ribu penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 18,3 ribu kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Makna ganda nih. Mengurangi penggunaan kantong plasti. Karung beras itu juga plastik tapi ukurannya gede dan lebih kuat dari kantong plastik, jadi bisa buat bawa apapun dan volumenya banyak. Good job mas," tulis akun @_dimpratama.

Aksi warganet yang mentaati aturan larangan plastik. [Twitter]
Aksi warganet yang mentaati aturan larangan plastik. [Twitter]

"Apa nggak dikira habis mulung itu?" komentar @SalsabilaPoppy.

"Jadi inget waktu itu ke Matahari Bogor, no plastic terus gue beli baju sama sepatu alhasil diiket sama tali rapia. Berasa bawa tape wkwkwk," ungkap @lilysrtam.

"Mas Andreas sangat menginspirasi," tambah @yayakya_.

"Lah bagus banget ini, mengurangi sampah plastik. Cuma kurang fesyenebel aja tidak seperti totebag totebag mainstream diluaran sana. Nggak apa-apa, tetep salut sama masnya," cuit @grumpxstiltskin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS