alexametrics

Kabar Baik, Vaksin Covid-19 Moderna Siap Meluncur Global

Dythia Novianty
Kabar Baik, Vaksin Covid-19 Moderna Siap Meluncur Global
Moderna Inc. [Modernatx]

Moderna saat ini memiliki empat program dalam studi Tahap 2.

Suara.com - Perusahaan bioteknologi Amerika, Moderna, mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan peluncuran kandidat vaksin Covid-19 miliknya secara global.

"Kami secara aktif tengah mempersiapkan peluncuran mRNA-1273 dan kami telah menandatangani sejumlah perjanjian pasokan dengan pemerintah di seluruh dunia," ujar CEO Moderna Stephane Bancel dalam pernyataannya, dilansir laman Xinhua, Minggu (1/11/2020).

Menurutnya, selain studi Tahap 3 vaksin Covid-19 mRNA-1273, yang sepenuhnya terdaftar, Moderna saat ini memiliki empat program dalam studi Tahap 2.

"Moderna berkomitmen pada standar kualitas data tertinggi dan penelitian ilmiah yang ketat di saat kami terus bekerja sama dengan para regulator untuk meningkatkan mRNA-1273," katanya.

Baca Juga: Perusahaan Farmasi Perancis Siapkan Vaksin Covid-19 Tahun Depan, RI Minat?

Partisipan tes vaksin Covid-19 mRNA-1273. [Henry Ford Health System/AFP]
Partisipan tes vaksin Covid-19 mRNA-1273. [Henry Ford Health System/AFP]

Pada 22 Oktober lalu, studi mRNA-1273 Tahap 3 merampungkan proses pendaftaran 30.000 partisipan, dengan sekitar 37 persen partisipan berasal dari berbagai komunitas.

Analisis sementara dari studi Tahap 1 vaksin tersebut, yang dirilis dalam The New England Journal of Medicine pada 14 Juli, menunjukkan bahwa mRNA-1273 secara umum dapat ditoleransi dengan baik pada semua kelompok usia dan memicu respons imun yang cepat dan kuat terhadap SARS-CoV-2.

Komentar