alexametrics

Google Akan Bawa Fitur Recycle Bin di Android 12

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Google Akan Bawa Fitur Recycle Bin di Android 12
Ilustrasi Android 12. [Gizchina]

Mirip aplikasi Recycle Bin di Windows. Aplikasi berfungsi sebagai wadah yang menampung seluruh data setelah dihapus.

Suara.com - Google akan memulai konferensi pengembang tahunan atau Google I/O 2021 pada 18 Mei mendatang. Salah satu yang diharapkan dari event tersebut adalah perkenalan tentang fitur di sistem operasi Android 12.

Sejauh ini Google masih belum mengumumkan informasi resmi mengenai fitur yang ada di OS tersebut. Meski begitu, beberapa bocoran sudah ditemukan, salah satunya adalah Recycle Bin atau Trash tersembunyi di opsi pengaturan Storage.

Dikutip dari XDA Developers, Minggu (18/4/2021), fitur Trash itu akan muncul di aplikasi Files yang dibuat Google. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa melihat, memulihkan, atau menghapus item secara permanen.

Menurut laporan, file atau item yang sudah dihapus ini akan tersembunyi sementara di File Manager. File ini akan disimpan dalam folder yang sama dengan tempat mereka dihapus sebelumnya, alih-alih menyatukannya langsung ke satu folder yang menampung seluruh sistem file.

Baca Juga: General Motors Akan Sematkan Aplikasi Navigasi Layaknya Google Maps

Recycle Bin atau trash tersembunyi di opsi pengaturan storage [screen shot XDA Developers].
Recycle Bin atau trash tersembunyi di opsi pengaturan storage [screen shot XDA Developers].

Jika diperhatikan, ini mirip dengan aplikasi Recycle Bin yang ada di Windows. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai wadah yang menampung seluruh data setelah dihapus. Mereka bisa benar-benar menghapus atau memulihkan kembali file tersebut lewat Recycle Bin.

Ide ini bukan pertama kali dihadirkan Google. Tahun lalu, bertepatan dengan peluncuran Android 11, Google telah menghadirkan fitur yang disebut Scoped Storage untuk mengatasi akses penyimpanan.

Meski sudah dihadirkan, fitur yang mirip Recycle Bin saat itu mesti memerlukan aplikasi API tambahan agar lebih optimal seperti menambah, membuka, mengedit, atau menghapus file di penyimpanan smartphone.

Salah satu API ini disebut MediaStore API. Aplikasi menyediakan akses ke file media umum seperti audio, video, hingga gambar. Sayangnya, Android 11 tidak menyediakan folder khusus seperti Recycle Bin atau Trash untuk memulihkan atau menghapus permanen file pengguna.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Maps Street View dengan Split Screen di Android

Komentar