alexametrics

Kena Tipu 4,28 Juta Demi NFT Banksy Palsu tapi Dikembalikan Utuh

Dythia Novianty
Kena Tipu 4,28 Juta Demi NFT Banksy Palsu tapi Dikembalikan Utuh
Ilustrasi non fungible token (NFT). [Roslan Rahman/AFP]

Seorang kolektor membayar lebih dari 300.000 dolar AS atau sekitar Rp 4,28 juta di Ethereum untuk NFT dari seseorang yang mengaku sebagai Banksy.

Suara.com - Seorang kolektor membayar lebih dari 300.000 dolar AS atau sekitar Rp 4,28 juta di Ethereum untuk NFT dari seseorang yang mengaku sebagai Banksy setelah gambar itu muncul di situs web seniman jalanan terkenal.

Kemudian, juru bicara Banksy mengatakan bahwa artis tersebut tidak terlibat dengan NFT dan muncul cerita yang menyatakan bahwa itu palsu.

Akhirnya, penjual NFT secara spontan mengembalikan uang kolektor, tampaknya tanpa catatan.

Kolektor yang membeli NFT menggunakan nama Pranksy. Dia mendengar tentang pelelangan, yang diadakan di pasar NFT OpenSea, dari seseorang di Discord-nya, dilansir dari The Verge mengutip BBC, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: Paralimpiade Tokyo: Hary Susanto Kalah di Laga Perdana Para-bulutangkis

Tampaknya sah, karena penjual telah memposting tautan ke halaman di situs web resmi Banksy, di https://banksy.co.uk/nft.html, yang dikonfirmasi oleh Mesin Wayback.

Halaman tersebut menunjukkan gambar NFT yang dijual, yang menggambarkan orang yang mirip Cryptopunk merokok di depan cerobong asap industri.

Penipuan NFT. [Twitter]
Penipuan NFT. [Twitter]

Namun, dengan Banksy, selalu ada beberapa tingkat keraguan tentang apa yang merupakan karya seniman atau bukan.

Ini adalah orang yang sama yang mengatakan dia mencoba membuat lukisan yang merobek dirinya sendiri dan yang dilaporkan memiliki kutipan yang mengatakan "hak cipta adalah untuk pecundang" dilemparkan kembali padanya selama pertempuran merek dagang.

Sementara penyangkalan timnya tampak sangat jelas, mereka belum kembali ke The Verge atau BBC tentang bagaimana tautan untuk NFT secara terverifikasi berakhir di situs web Banksy.

Baca Juga: Mural Mirip Jokowi Hiasi Tembok di Kebagusan, Tak Lama Langsung Dihapus

Catatan itu seharusnya menjadi akhir dari cerita, tetapi kemudian Pranksy DM saya untuk mengatakan bahwa scammer asli telah mengembalikan Ethereum Pranksy yang dibayarkan untuk NFT.

Komentar