facebook

Snapchat Rilis Fitur Baru Ramah Disabilitas

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Snapchat Rilis Fitur Baru Ramah Disabilitas
Ilustrasi aplikasi Snapchat. [Shutterstock]

Snapchat memperkenalkan beberapa fitur baru ramah disabilitas.

Suara.com - Snapchat memperkenalkan beberapa fitur baru ramah disabilitas yang ditujukan sebagai komitmen untuk menjadi perusahaan yang lebih adil, inklusif, dan anti rasisme.

"Di Snapchat, produk dibuat dengan pendekatan yang menggabungkan empati dengan penelitian sehingga kami dapat memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk kami, melakukan eksperimen untuk memvalidasi temuan kami, dan mengulang desain kami untuk meningkatkan inklusivitas," kata Snapchat dalam keterangannya, Minggu (15/5/2022).

Fitur pertama yang dikenalkan adalah Bitmoji. Ini adalah produk Snap di mana Snapchatter dapat mempersonalisasi avatar atau stiker mereka sendiri untuk berkomunikasi di Snapchat atau aplikasi lain.

Sekarang, semua orang dapat mendandani avatar mereka dengan stiker yang menampilkan tongkat dan alat bantu dengar dalam beberapa warna atau pose 3D (tiga dimensi) menggunakan kursi roda.

Baca Juga: Cara Pakai Filter Wajah Menangis, Lagi Viral di TikTok dan Instagram

Fitur kedua adalah Lensa AR untuk belajar Bahasa Isyarat. Snap (perusahaan induk Snapchat) meluncurkan ASL Alphabet Lens pada 5 April 2022 dalam kemitraan dengan SignAll.

Ini adalah inovasi pertama pada Lensa AR yang memungkinkan 319 juta pengguna Snapchat untuk mulai belajar Bahasa Isyarat Amerika (ASL).

Ilustrasi aplikasi Snapchat. [Shutterstock]
Ilustrasi aplikasi Snapchat. [Shutterstock]

Indonesia sebagai salah satu pengadopsi ASL bisa mulai memanfaatkan lensa ini untuk belajar mandiri menggunakan bahasa isyarat.

Fitur terakhir adalah Shows yang dibuat untuk aplikasi Snapchat seluler. Salah satu konten menarik yang tersedia untuk meningkatkan kesadaran tentang disabilitas adalah “Make Way”.

Make Way memiliki banyak episode yang mencakup kisah nyata dari sudut pandang orang-orang nyata tentang bagaimana mereka hidup dengan disabilitas.

Baca Juga: Snapchat Kenalkan Rangkaian Fitur Baru Berbasis Teknologi AR

"Acara-acara ini sangat bagus untuk menunjukkan perwakilan yang lebih beragam dari industri hiburan, serta untuk Milenial dan Gen Z pada umumnya untuk lebih memahami beberapa masalah yang mungkin jarang dibahas dalam konteks disabilitas," jelas Snapchat.

Komentar