Heboh Kiky Saputri Adu Diagnosis Dokter Singapura vs Indonesia, Ketua IDI Bilang Begini

Rinaldi Aban | Dini Afrianti Efendi

Dokter Indonesia punya nilai tambah karena memiliki kedekatan budaya dan tradisi jika komunikasi dengan pasien dimaksimalkan.

Suara.com - Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Adib Khumaidi menanggapi curhatan Komika Kiky Saputri terkait mertuanya didiagnosa stroke telinga oleh dokter Indonesia tapi malah hanya disebut gejala bindeng akibat flu oleh dokter Singapura. Cuitan Kiky Saputri itu viral di media sosial

Menanggapi ini, Dr. Adib Khumaidi mengakui dokter Indonesia perlu memperbaiki pola komunikasinya dengan pasien, sehingga apa yang dikeluhkan bisa didengar dengan baik

"Yang penting paling utama yang saya lihat problem yang muncul karena apa? Komunikasi. Jadi dokter Indonesia sebenarnya dengan komunikasi yang baik, kemudian lebih banyak mendengar keluhan-keluhan pasien, maka itu akan bisa dirasakan," ujar Dr. Adib Khumaidi di temui di gedung PB IDI, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2023).

Menurut dokter spesialis ortopedi yang baru-baru ini berhasil menyelesaikan studi doktornya itu, dokter Indonesia punya nilai tambah karena memiliki kedekatan budaya dan tradisi jika komunikasi dengan pasien dimaksimalkan.

Video Editor: Welly