alexametrics

3 Hari Jelang Lebaran, Kementan:Pasokan dan Harga Pangan Stabil

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
3 Hari Jelang Lebaran, Kementan:Pasokan dan Harga Pangan Stabil
Penjual daging di pasar. (Dok: Kementan)

Stok daging sapi untuk lebaran masih aman

Suara.com - Tiga hari menjelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, pasokan dan harga pangan pokok secara nasional terpantau masih stabil. Ini berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan (BPK) Kementerian Pertanian (Kementan).

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementan, Risfaheri memastikan, ketersediaan 11 komoditas pangan dalam kondisi yang aman dan terkendali.

"Terkait harga, memang ada dinamika untuk komoditas tertentu, namun masih dalam kondisi yang wajar mengingat momentum lebaran yang akan segera tiba,” ujar Risfaheri di Jakrta, Minggu, (9/5/2021).

Hal senada disampaikan oleh Fahrudin, petugas pemantau ketersediaan dan harga pangan yang ditemui di Pasar Kemiri Depok, Minggu, (9/5/2021). Dia mengatakan, pasokan dan harga relatif tidak ada masalah,

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi hingga Cabai Merah Alami Kenaikan

"Kalau stok dan harga di sini relatif aman dan stabil, karena ini sudah merupakan kegiatan tahunan, sehingga pemerintah pusat dan daerah sudah mengantisipasi agar stok mencukupi," ujar Fahrudin.

Dari pemantauan tersebut, didapati penurunan permintaan dibanding beberapa hari lalu. Ini dikarenakan menurunnya permintaan masyarakat dibanding tahun lalu. Makanya, pasokan dan harga pangan cenderung stabil.

"Kalau harga beras di sini tidak ada kenaikan. Biasa-biasa saja, bahkan pemintaannya cenderung terus berkurang, karena pemerintah juga membagikan bantuan beras," ujar Budianto, salah seorang pedagang beras di Pasar Kemiri Depok yang sudah berjualan 10 tahunan.

Hal yang sama diakui Ade, pedagang di Pasar Baru Bogor. “Penjualan beras di sini tidak ada kenaikan permintaan, masih seperti biasa, harga juga tidak ada pergerakan berarti,” ujarnya.

Yang sedikit ada kenaikan adalah harga daging. Di mana, minggu lalu masih dijual di angka Rp120 ribu per kilo gram, sekarang naik dikisaran Rp135 ribu-140 ribu per kilo gram.

"Saya kira kenaikannya tidak terlalu tinggi. Yang penting kan barangnya ada," ujar Titin, salah seorang pengunjung pasar Kemiri Depok sambil memegang sekilo daging yang baru dibeli.

Baca Juga: Kunjungi RPH, Kementan Pastikan Pasokan Daging Sapi Aman Sambut Lebaran

Terkait kenaikan harga daging ini, Risfaheri menjelaskan, Kementan melalui importir atau distributor daging sapi beku telah menyediakan stok dalam jumlah yang cukup di Pasar Mitra Tani atau TTIC yang ada di Jakarta, Depok dan Bogor.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar