alexametrics

Luhut Sebut LRT Jabodebek Bisa Beroperasi Otomatis Tanpa Masinis

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Luhut Sebut LRT Jabodebek Bisa Beroperasi Otomatis Tanpa Masinis
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan pada acara The 4th Indonesia Energy Transition Dialogue (IETD).

Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan Jabodebek memiliki teknologi yang tinggi.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan Jabodebek memiliki teknologi yang tinggi.

Ia menjelaskan, LRT Jabodebek dilengkapi dengan Grade of Automation (GOA) level 3, yang artinya operasi dari kereta akan dilakukan secara otomatis tanpa menggunakan masinis.

"Penggunaan sistem GOA yang sudah terstandarisasi secara internasional dan teruji keamanannya menandakan bahwa kita adalah bangsa yang mampu menyelesaikan masalahnya, dalam hal ini terkait isu transportasi. Kita punya fighting spirit," ujar Luhut dalam pelepasan trainset LRT yang ditulis, Jumat (15/10/2021).

Dalam hal ini, Mantan Menkopolhukam ini menekankna pentingnya transfer pengetahuan dalam setiap proses produksi dan pengujian kereta LRT Jabodebek.

Baca Juga: Molor Gegara Pandemi, Akhirnya INKA Kirim Rangkaian Terakhir LRT Jabodetabek dari Madiun

"Hal ini, agar ke depan kita juga dapat menguasai teknologi-teknologi modern sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM kita di bidang perkeretaapian," ucap dia.

Luhut menyebut, saat ini rangkaian kereta (trainset) kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek telah lengkap. Hal ini setelah, PT INKA (Persero) melepas trainset ke-31 untuk LRT Jabodebek.

"Ini menandakan telah selesai proses produksi dan pengujian statis di pabrik INKA yang telah dilaksanakan dan dikirim pertama kali pada Oktober 2019," kata Luhut.

Meski telah selesai, Mantan Menkopolhukam ini mengingatkan kepada semua pemangku kepentingan untuk melanjutkan pengujian-pengujian trainset LRT Jabodebek di lintasan rel kereta. Sebab, lanjut Luhut, pengujian trainset LRT Jabodebek di lintasan rel masih belum selesai hingga saat ini.

"Saya perlu ingatkan seluruh stakeholders di proyek ini untuk terus menjaga solidaritas dan semangat dalam melaksanakan pengujian-pengujian kereta LRT selanjutnya di lapangan karena pekerjaan kami belum selesai yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi," ucap Luhut.

Baca Juga: Trainset Telah Lengkap, Luhut: Target Operasi LRT Jabodebek Agustus 2022

Rencananya, tambah Luhut, LRT akan beroperasi secara komersial pada tahun 2022, jika semua persiapan seperti pengujian telah selesai semuanya.

"Supaya seluruh tahapan pengujian dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu sehingga kereta LRT Jabodebek dapat beroperasi dengan performa maksimal pada agustu 2022 sebagaimana yang telah kami targetkan bersama," pungkas Luhut.

Komentar