alexametrics

Optimalisasi Teknologi Digital, Kitabisa Jadi Pemain Utama Crowd Funding Filantropi

Fabiola Febrinastri
Optimalisasi Teknologi Digital, Kitabisa Jadi Pemain Utama Crowd Funding Filantropi
Optimalisasi teknologi digital, Kitabisa jadi pemain utama crowd funding filantropi. (Suara.com/Nessy F)

Menurut Timmy, kesuksesan Kitabisa terjadi karena dua faktor utama.

Suara.com - Wadah donasi online Kitabisa semakin mengokohkan diri sebagai pemain utama crowd funding filantropi di Tanah Air. Dalam dua tahun terakhir, terutama saat pandemi Covid-19 melanda, namanya makin berkibar karena derasnya arus bantuan kepada pihak-pihak yang membutuhkan melalui platform Kitabisa.

Hal ini mengemuka dalam talkshow dengan topik “The Great Matchmaker: Winning the Multisided Platform Business”, di ajang Indonesia Brand Forum (IBF), yang berlangsung di Jakarta, 2-4 November 2021. Event ini digagas oleh Yuswohady sebagai Managing Partner Inventure dan sejumlah pemerhati brand-brand lokal.

Berdiri pada 2013 sebagai gerakan sosial, Kitabisa beralih menjadi wadah donasi online pada 2014. Memanfaatkan teknologi digital, Kitabisa dibuat oleh Alfatih Timur, atau yang biasa disapa Timmy, untuk mewujudkan proyek sosial seseorang atau institusi.

Menurut Timmy, kesuksesan Kitabisa terjadi karena dua faktor utama. Pertama, menerapkan inovasi program berbasis wisdom of crowd. Kedua, membangun trust di kalangan para donatur sehingga membuat mereka engage terhadap program yang digelar para campaigner.

Baca Juga: Di Sidang Parlemen ASEAN, Puan Maharani Dorong Kerja Sama Teknologi Digital

“Kami dapat input dari kalangan dokter dan rumah sakit untuk membuka donasi bagi mereka yang sakit, lalu kami lakukan,” ujar Timmy, founder dan CEO Kitabisa, mengawali kisahnya.

Wisdom of crowd adalah istilah untuk menggambarkan tentang “kebijaksanaan yang muncul dari opini kolektif”. Usulan-usulan yang masuk secara kolektif ini akhirnya menjadi DNA dalam Kitabisa, berjalan kontinyu hingga bertahun-tahun kemudian.

“Wisdom of crowd juga diterapkan, karena masyarakatlah yang punya gagasan yang penting untuk kebutuhan mereka,” Timmy menambahkan.

Filosofi wisdom of crowd inilah yang membuat Kitabisa menjadi lincah bergerak ketika pandemi datang. Saat Covid-19 menerjang, beberapa usulan deras mengalir dari masyarakat kepada Kitabisa, seperti bantuan APD dan kebutuhan lain untuk mengatasi pandemi (seperti sembako).

Bahkan sewaktu film Korea Selatan, Squid Game di Netflix tengah populer, Kitabisa mengembangkan “Permainan Cuma-Cuma” (Sweet Game). Di sini, peserta diberikan bantuan berupa donasi secara cuma-cuma. Mirip Squid Game, para peserta yang mendapat undangan, datang ke suatu tempat, berjejer secara teratur, lalu mendapat sembako dan kebutuhan harian lainnya oleh orang-orang berbaju merah seperti para penjaga di Squid Game.

Baca Juga: Pemerintah Akan Manfaatkan Teknologi Digital untuk Awasi Perpajakan

Menurut Timmy, untuk membangun trust yang sangat penting untuk keberlanjutan Kitabisa, terutama di kalangan para donatur, ia beserta tim membangun sistem yang ketat untuk memverifikasi setiap pihak yang ingin berkampanye, yang membuat proyek penggalangan dana. Sistem yang ketat ini dibuat agar Kitabisa tidak kecolongan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Komentar