facebook

Cara Beli dan Harga Tiket Pelepasan Lampion Candi Borobudur Hari Waisak 2022

M Nurhadi
Cara Beli dan Harga Tiket Pelepasan Lampion Candi Borobudur Hari Waisak 2022
Ilustrasi - Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. [ANTARA/Heru Suyitno]

Acara perayaan Waisak akan ditutup dengan pelepasan lampion pada Senin (16/5/2022) malam.

Suara.com - Candi Borobudur kembali menjadi tempat penyelenggaraan Perayaan Trisuci Waisak tahun 2022/2566 Buddhis Era (BE). Agenda yang digelar pada Senin (16/5/2022) ini juga akan disertai acara pelepasan lampion. Bagi anda yang ingin mengikuti acara ini, harga tiket pelepasan lampion Candi Borobudur bisa disimak di bawah ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Suara.com, harga tiket pelepasan lampion Waisak 2022 Candi Borobudur termurah dihargai Rp 210 ribu. Untuk diketahui, tiket ini hanya berlaku untuk akses zona festival lampion saja.

Sebagaimana disampaikan Koordinator Perayaan Waisak 2566 BE di Borobudur, Ketua II Walubi Jawa Tengah Tanto Soegito Harsono, perayaan Waisak tahun ini bisa digelar di Borobudur berkat penurunan kasus COVID-19.

"Dua kali kami absen melakukan Waisak di Borobudur, ini pertama kali. Kami sangat bersyukur sekali pandemi cepat berlalu sehingga umat Buddha bisa dengan suka cita merayakan Waisak, yang merupakan hari penting bagi umat Buddha, di Borobudur walaupun masih dalam skala terbatas," katanya.

Baca Juga: Lepas Parade Waisak, Ganjar: Saya Melihat Kegembiraan, Semoga Semua Berbahagia

Tanto menambahkan bahwa detik-detik perayaan Waisak akan dilangsungkan di halaman Candi Borobudur pada pukul 11.13.46 WIB. Acara perayaan Waisak akan ditutup dengan pelepasan lampion pada Senin (16/5/2022) malam.

Ribuan warga umat Buddha diperkirakan akan mengikuti perayaan Waisak sejak siang hingga petang. Selain itu, ratusan warga juga diprediksi mengikuti perosesi ini.

"Kami sudah memisahkan jalur wisatawan dan umat yang menjalankan prosesi Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur hingga ke dalam Borobudur," kata Edy.

Untuk diketahui, para wisatawan dipersilakan untuk mengikuti sesuai waktu operasional Candi Borobudur, yakni mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. 

Namun, untuk acara pada malam hari, wisatan tidak diizinkan untuk masuk ke dalam komplek Candi Borobudur yang hanya diperuntukkan untuk pemeluk agama Buddha saja lantaran adanya ritual.

Baca Juga: Umat Buddha Arak-arakan dari Candi Mendut ke Candi Borobudur Antar Api Dharma dan Air Berkah Tri Suci Waisak 2566

Bagi anda yang berminat untuk mengikuti prosesi, bisa membeli tiket pelepasan lampion Waisak 2022 Candi Borobudur melalui berbagai layanan tiket online.

Komentar