Tak Utamakan Hasil Lawan UEA, Bima Sakti Bakal Lakukan Ini di Timnas U-16

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Tak Utamakan Hasil Lawan UEA, Bima Sakti Bakal Lakukan Ini di Timnas U-16
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat memberikan motivasi kepada anak asuhannya (dok. PSSI).

uji coba melawan UEA ini sebagai bagian dari persiapan menghadapi Piala Asia U-16

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengaku tidak begitu pedulikan hasil dari pertandingan uji coba melawan Uni Emirat Arab (UEA), Sabtu (24/10/2020). Oleh sebab itu, Bima bakal menjajal seluruh pemain di pertandingan kedua nanti.

Sebelumnya, Timnas U-16 sudah beruji coba dengan UEA di laga pertama. Hasilnya, Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- kalah 2-3 pada 21 Oktober lalu.

"Masalah hasil kita gak begitu utamakan, ya walaupun itu sebagai target kita untuk mencuri kemenangan," kata Bima Sakti dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Jumat (23/10/2020).

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)

Bima lebih mengutamakan menguji kemampuan anak asuhannya. Mantan pemain Persiba Balikpapan itu juga ingin para pemain mendapat pengalaman ketika berhadapan dengan tim kuat seperti UEA.

Baca Juga: Hadapi UEA, Bima Sakti Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan Lawan

"Yang pasti besok ada beberapa rotasi yang akan kita coba ubah. Karena ini juga bagian dari persiapan kita," tambah lelaki yang sempat menukangi Timnas Indonesia senior itu.

"Tapi yang paling terpenting kita juga harus persiapkan semua pemain harus siap dalam semua pertandingan sehingga mereka besok akan kita coba, akan kita rotasi agar mereka juga memiliki jam terbang, memiliki pengalaman petandingan internasional," ia menambahkan.

Memang, uji coba melawan UEA ini sebagai bagian dari persiapan menghadapi Piala Asia U-16 yang dijadwalkan bergulir pada awal tahun 2021.

Pada kejuaraan tersebut, Garuda Asia berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Cina. Timnas U-16 diharapkan melaju hingga semifinal agar bisa tampil di Piala Dunia U-17 2021 di Peru.

Baca Juga: Bima Sakti: UEA Seperti Arab Saudi, Brasil dari Asia

Komentar