alexametrics

Tekuk Meksiko Lewat Perpanjangan Waktu, AS Juara Piala Emas Concacaf 2021

Reky Kalumata
Tekuk Meksiko Lewat Perpanjangan Waktu, AS Juara Piala Emas Concacaf 2021
Fans dan para tim Amerika Serikat (AS) merayakan gol Miles Robinson ke gawang Meksiko saat final Piala Emas Concacaf 2021 di stadion Allegiant di Las Vegas, Nevada pada 1 Agustus 2021. FREDERIC J. BROWN / AFP

Gol Miles Robinson pada menit ke-118 memastikan kemenangan AS di final.

Suara.com - Timnas Amerika Serikat ( AS) merebut juara Piala Emas Concacaf 2021. Hasil tersebut dipastikan AS setelah menang dramatis 1-0 atas Meksiko di final lewat perpanjangan waktu.

Duel AS vs Meksiko berlangsung di Allegiant Stadium, Nevada pada Senin (2/8/2021) pagi WIB. AS akhirnya memenangi lagi puncak ini lewat gol Miles Robinson pada menit ke-118.

Di awal babak pertama, Meksiko gencar menekan AS lewat serangannya. Kiper Matthew Turner harus bekerja keras mengamankan gawangnya, termasuk menggagalkan sundulan Rogelio Funes Mori di menit ke-11.

AS mencoba bangkit dan mengancam lewat tendangan Paul Arriola yang hanya membentur tiang gawang di menit ke-26. Kedua tim mulai saling jual beli serangan.

Baca Juga: Klasemen Medali Olimpiade Tokyo: AS Salip Jepang, China Tetap Memimpin

Namun hingga turun minum belum ada gol tercipta dari kedua tim. Di babak kedua, kedua tim masih sama sama mencoba menekan dengan memainkan permainan menyerang.

Ancaman berbahaya AS lewat tembakan Matthew Hoppe mampu dihentikan pemain belakang Meksiko pada menit ke-71. Dua menit peluang emas Paul Arriola dapat digagalkan kiper Meksiko, Alfredo Talavera.

Hingga 90 menit laga berakhir tetap tidak ada gol tercipta dari kedua tim. Pertandingan akhirnya dilanjutkan ke tambahan waktu kedua tim masih sama sama mencoba membuka peluang.

Namun AS akhirnya sukses menjebol gawang Meksiko lewat sundulan Miles Robinson di menit ke-118. Keunggulan AS 1-0 tersebut bertahan hingga peluit panjang akhir pertandingan berbunyi.

Kemenangan itu memastikan AS menjadi juara Piala Emas Concacaf 2021 dan menjadi gelar ke-7 AS di ajang ini. Sementara Meksiko masih menjadi tim paling sukses dengan total 11 gelar.

Baca Juga: Rekap Peraih Medali Olimpiade Tokyo 1 Agustus 2021