Ingin Panjang Umur, Yuk Sering-Sering Makan Ikan Laut

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Ingin Panjang Umur, Yuk Sering-Sering Makan Ikan Laut
Ingin panjang umur, makan ikan laut dari sekarang. (Shutterstock)

Ingin awet muda dan panjang umur, makan ikan laut dari sekarang.

Suara.com - Panjang umur dan awet muda tentunya impian semua orang. Ingin panjang umur dan awet muda, perbanyak konsumsi ikan laut dari sekarang.

Seiring bertambahnya usia tampaknya semua orang akan mengalami tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis halus di wajah, kulit yang mulai keriput hingga risiko penyakit degeneratif.

Nah kabar baiknya, gejala penuaan ini bisa diperlambat dengan pola makan yang kita jalani sehari-hari. Sebuah studi terkini yang dipublikasikan British Medical Journal menunjukkan fakta bahwa konsumsi ikan laut bisa membantu kita panjang umur dan tampak awet muda dari segi tampilan maupun fungsi organ dalam.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis pola diet 2.662 pensiunan selama 22 tahun masa penelitian. Mereka juga diminta untuk melakukan pemeriksaan darah untuk mengecek kadar asam lemak omega-3 dalam darah mereka.

Hasilnya, responden yang memiliki asam lemak omega-3 dalam darah mereka berisiko 24 persen lebih rendah untuk mengalami beragam penyakit kronis atau gangguan mental terkait pertambahan usia dibandingkan mereka yang tidak.

Asam lemak omega-3 sendiri banyak terkandung dalam ikan laut. Menurut peneliti kandungan inilah yang berperan mencegah kanker, demensia, dan penyakit jantung yang erat kaitannya dengan usia senja.

Asam lemak omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit sehingga lebih lembab tampak awet muda. Peneliti utama studi, dr. Heidi Lai mengatakan bahwa kini pandangan masyarakat mengenai panjang umur telah bergeser ke arah penekanan pada penuaan yang sehat.

"Dengan populasi lansia yang semakin besar, terjadi pergeseran makna panjang umur, di mana orang lebih ingin menua secara sehat," ujar Lai.

Seperti diketahui prevalensi penyakit kronis pada lansia cukup tinggi. Stroke, penyakit jantung dan demensia menempati posisi teratas penyakit yang paling banyak diidap para lansia. NHS sendiri merekomendasikan masyarakat untuk mengonsumsi dua porsi ikan kaya asam lemak omega-3 selama seminggu, salah satunya salmon.

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS