Ini Manfaat Gerak Refleks Bayi Baru Lahir

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ini Manfaat Gerak Refleks Bayi Baru Lahir
Ilustrasi bayi baru lahir. (Shutterstock)

Semua gerak refleks ini punya manfaat untuk bayi maupun sang ibu.

Suara.com - Setiap bayi yang lahir ke dunia memiliki gerak refleks pertama yang punya manfaat untuk dirinya maupun sang ibu. Semua gerakan yang ia lakukan, menurut Dyah Pratitasari, seorang Doula, Guru Prenatal dan Postpartum Yoga, dan Konselor Menyusui, memiliki artinya sendiri.

Pertama, jelas perempuan yang akrab disapa Prita ini, sesaat setelah dilahirkan, bayi akan beristirahat, tidur, atau diam berkedip. Begitu tubuhnya diangkat, bayi akan menangis sebagai napas pertamanya yang menandakan paru-parunya bekerja.

"Kalau semua oke, kondisi ibu dan bayi stabil, biasanya IMD (Inisiasi Menyusui Dini) akan dilakukan. Di sinilah bayi akan masuk ke fase siaga, di mana dia akan melek, mengangkat kepalanya, dan menengok kanan atau kiri," ujar perempuan berhijab ini pada Suara.com.

Saat dalam posisi IMD, gerakan selanjutnya, kaki bayi mulai akan menjejak-jejak. Gerakan ini sangat berperan penting untuk melahirkan plasenta. Saat bayi menjejak, rahim seakan seperti dicolek, mengalami kontraksi dan mendorong plasenta untuk lahir.

Selanjutnya, kata dia, aerola ibu yang berwarna gelap akan menuntun bayi menuju sumber makanan mereka untuk pertama kalinya. Dalam posisi ini, biasanya bayi akan mematuk dada, mengikuti cairan pertama payudara ibu yang aromanya mirip seperti air ketuban yang dikenal bayi selama dalam kandungan.

"Gerakan mematuk ini fungsinya untuk mempersiapkan payudara menyiapkan ASI (Air Susu Ibu) seperti gerakan memijat," ungkap dia.

Begitu dekat dengan puting, bayi lebih dulu akan mengulum dan menjilat puting ibu, baru dia akan menangkap dan menghisapnya. Hanya si bayilah yang mengetahui kadar oksitoksin di otak ibu. Dengan mengulum dan menjilat, hormon oksitoksin ibu akan dirangsang, sehingga ia merasa nyaman dan memerintahkan hormon prolaktin untuk memproduksi ASI.

"Di saat bayi melakukan gerak reflek pertamanya, ayah wajib melihatnya. Bagaimana semua itu terjadi. Kalau di umat Muslim, saat IMD, ayah bisa sambil mengazankan anaknya," tutup dia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS