Ini Trik Bakar Energi Agar Berat Badan Turun dengan Cepat, Mau Coba?

M. Reza Sulaiman
Trik Bakar Energi Agar Berat Badan Turun dengan Cepat, Mau Coba? (Sumber: Shutterstock)
Trik Bakar Energi Agar Berat Badan Turun dengan Cepat, Mau Coba? (Sumber: Shutterstock)

Ingin berat badan turun dengan cepat, trik bakar energi ini bisa Anda coba. Apa saja?

Suara.com - Ini Trik Bakar Energi Agar Berat Badan Turun dengan Cepat, Mau Coba?

Ingin berat badan turun dengan cepat, trik bakar energi ini bisa Anda coba. Ya, semakin banyak energi yang dibakar, semakin cepat pula berat badan turun.

Energi dibutuhkan oleh manusia agar bisa tetap hidup. Sekitar 20 persen energi yang kita ambil digunakan untuk metabolisme otak.

Sebagian besar sisanya digunakan untuk metabolisme basal, yaitu energi yang dibutuhkan ketika dalam keadaan istirahat, serta untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti sirkulasi darah, pencernaan, dan pernapasan.

Kita juga membutuhkan energi mekanik untuk otot rangka, mempertahankan postur, bergerak, dan respirasi. Seberapa efisien energi dari respirasi diubah menjadi kekuatan fisik atau mekanis tergantung pada jenis makanan yang dimakan, jenis energi fisik, dan apakah otot digunakan secara aerobik atau anaerob.

Dilansir Himedik dari Medical News Today, berikut adalah beberapa trik membakar energi dan menurunkan berat badan secara lebih efektif. Apa saja?

Sarapan

Sarapan protein dan lemak sehat dapat membuatmu kenyang lebih lama dan membantu mencegah ngemil di siang hari.

Camilan sehat

Buah-buahan dan sayur-sayuran bisa menjadi camilan yang enak dan mengenyangkan. Mereka tinggi nutrisi, serat, serta rendah kalori dan lemak.

Sering nyeri pinggang, dua olahraga ini bisa bantu meredakannya. (Shutterstock)
Ilustrasi olahraga untuk bakar energi. (Shutterstock)

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat serat tinggi, seperti kacang-kacangan, dan lemak sehat, seperti alpukat, membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan energi, sehingga kamu tidak akan cepat lapar.

Olahraga

Dapat membantu membakar kalori ekstra, dan membuat tubuh bugar.

Minum air putih

Minum air putih itu menyehatkan, tidak mengandung kalori, dan bisa membuatmu kenyang. Hindari alkohol dan soda karena bisa menambah kalori. Jika ingin minuman manis, pilih jus buah tanpa pemanis.

Buah dan sayur tinggi serat baik untuk turunkan berat badan. (Shutterstock)
Buah dan sayur tinggi serat baik untuk turunkan berat badan. (Shutterstock)

Makan serat

Serat, ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan gandum, yang dapat membantumu merasa kenyang dan membuat pencernaan sehat.

Gunakan piring kecil

Penelitian menunjukkan bahwa ukuran porsi telah meningkat selama 3 dekade terakhir, dan ini dapat berkontribusi pada obesitas. Menggunakan piring yang lebih kecil mendorong porsi makan yang lebih sedikit.

Itulah trik bakar energi agar berat badan turun dengan cepat. Silakan dicoba sendiri ya! (Himedik/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS