Ayah Dewi Perssik Meninggal, Sebelumnya Idap Diabetes Hingga Sakit Ginjal

Rauhanda Riyantama | Rosiana Chozanah
Ayah Dewi Perssik Meninggal, Sebelumnya Idap Diabetes Hingga Sakit Ginjal
Ayah Dewi Perssik dikabarkan meninggal [Instagram]

Ayah Dewi Perssik dikabarkan meninggal dunia setelah menderita 3 penyakit, yaitu diabetes, paru-paru hingga ginjal. Apakah berhubungan?

Suara.com - Kabar duka sedang dirasakan keluarga pedangdut kondang Dewi Perssik. Menurut kabar, sang ayah Mochammad Aidil yang dirawat di Rumah Sakit MRCCC Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan, meninggal dunia.

Menurut salah satu petugas rumah sakit, ayah Depe meninggal sekitar pukul 14.45 WIB pada Minggu (9/6/2019) ini.

"Iya bapaknya Depe meninggal barusan," ujar salah satu petugas rumah sakit.

Menurutnya, jenazah saat ini masih berada di ruang Inpacient ward. Nantinya, jenazah akan langsung dipindahkan ke ruang jenazah.

Kabar duka ini pun dibenarkan oleh manajer Depe, Kiki.

Dewi Perssik bersama sang ayah, Mochammad Aidil. [Instagram]
Dewi Perssik bersama sang ayah, Mochammad Aidil. [Instagram]

Sejak beberapa bulan yang lalu ayah Dewi Perssik memang dikabarkan menderita penyakit kencing manis, paru-paru serta ginjal.

Penyakit kencing manis, atau diabetes, jika sudah mengalami komplikasi memang bisa menyebabkan masalah ginjal.

Melansir Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), komplikasi diabetes yang bisa menyebabkan masalah ginjal adalah komplikasi diabetes mikrovaskular.

Komplikasi mikrovaskular termasuk kerusakan mata (retinopati) yang menyebabkan kebutaan, ginjal (nefropati) yang menyebabkan gagal ginjal dan saraf (neuropati) yang mengarah pada impotensi serta gangguan kaki diabetik (yang mencakup infeksi parah yang menyebabkan amputasi).

Penyakit gagal ginjal akibat komplikasi diabetes juga disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah kecil di ginjal.

Hal ini bisa bisa menyebabkan gagal ginjal yang pada akhirnya berisiko kematian. Di negara maju, ini adalah penyebab utama dialisis, sebuah tindakan medis yang bertujuan untuk menghilangkan kandungan zat-zat berbahaya dalam darah, dan transplantasi ginjal.

Kembali pada Dewi Perssik, menurut Angga Wojaya sang istri masih terus berada di sisi jasad sang ayah bersama anggota keluarga lain.

"Depe (panggilan akrab Dewi Perssik) masih di atas dampingi terus. Semua sudah ikhlas, terima kasih ya teman-teman," tutur Angga Wijaya saat ditemui tim Suara.com di rumah sakit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS