Ria Irawan Jalani Kemoterapi Oral, Begini Pengobatan dan Efek Sampingnya

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ria Irawan Jalani Kemoterapi Oral, Begini Pengobatan dan Efek Sampingnya
Ria Irawan [Instagram]

Kondisi Ria Irawan sekarang sedang drop dan tengah menjalani kemoterapi oral.

Suara.com - Ria Irawan yang sedang menderita kanker, sekarang ini tengah dikabarkan bahwa kondisinya masih drop. Dewi Irawan, kakak Ria Irawan pun menceritakan kondisi adiknya melalui sebuah video yang diunggah ke Instagram.

Melalui video tersebut, Dewi Irawan memperlihatkan aktivitas Ria Irawan yang masih menjalani pengobatan kanker di rumah. Ia mengatakan sekarang ini Ria Irawan sedang menjalani pengobatan dengan metode oral kemoterapi.

"Kondisi adik saya sekarang bisa dibilang masih drop, sekarang Ria pengobatannya lagi oral kemoterapi," ujar Dewi Irawan dalam video yang diunggah ke akun Instagram Ria Irawan.

Ria Irawan pun harus mengonsumsi obat kemoterapi itu selama 6 bulan setiap harinya. Bahkan Ria Irawan harus minum 5 obat dalam sehari.

Baca Juga: Mengenal Payudara Prostetik Untuk Pengidap Kanker Payudara

"Jadi minum obat kemonya pagi 2 kapsul, sore 3 kapsul. Itu kita bilangnya paket per 2 minggu. Terus kemo oral ini dalam waktu 6 bulan," ujarnya.

Ria Irawan harus menjalani serangkaian kemoterapi. [Instagram]
Ria Irawan harus menjalani serangkaian kemoterapi. [Instagram]

Dewi Irawan pun kesulitan menceritakan kondisi Ria Irawan sekarang. Ia hanya berharap ada keajaiban dari Tuhan untuk mengangkat penyakit adiknya.

"Ya kadang-kadang Ria masih ngeluh sakit, kayak pegang kepalanya. Ya kondisinya sih berat, mohon doanya aja sih ya. Semoga Allah kasih mukzizat, bisa diangkat penyakitnya,"

Pada umumnya, kemoterapi oral sama halnya kemoterapi menggunakan cairan infus. Dua jenis kemoterapi ini dirancang untuk menghancurkan sel-sel kanker.

Sekarang ini metode kemoterapi oral pun semakin lazim untuk melawan kanker untuk jangka waktu tertentu. Tetapi, kemoterapi oral ini juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping yang tak jauh beda dengan kemoterapi infus.

Baca Juga: Merasa Sakit Kepala, Ada Kapsul Ganja Tersangkut di Hidung Eks Napi

Melansir dari Ascopost, berikut ini sejumlah efek samping yang mungkin ditimbulkan dari kemoterapi oral.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS