5 Jenis Makanan Pemicu Kanker, Hindari Mulai Sekarang!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
5 Jenis Makanan Pemicu Kanker, Hindari Mulai Sekarang!
Ilustrasi makanan penyebab kanker (shutterstock)

Makanan sehari-hari yang tak disadari bisa menyebabkan kanker.

Suara.com - Ada banyak hal yang bisa memicu kanker, seperti riwayat penyakit keluarga, gaya hidup hingga pola makan. Dalam hal ini, asupan makan sehari-hari seringkali tak disadari sebagai makanan pemicu kanker.

Karena, beberapa makanan dan minuman dianggap bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Melansir dari The Healthy, berikut ini 5 jenis makanan yang dianggap bisa menyebabkan dan memicu pertumbuhan sel kanker.

1. Salmon liar

Menurut Steven G. Eisenberg , DO, seorang ahli kanker di California Cancer Associates for Research and Excellence di San Diego, salmon kaya lemak sehat yang dikenal sebagai asam lemak omega-3, membantu mengendalikan peradangan dan berat badan yang bisa menyebabkan kanker.

Tetapi, salmon liar yang dibudidayakan ini memiliki tingkat kontaminan penyebab kanker lebih tinggi. Salmon liar biasanya warnanya lebih merah, tidak berlendir, dan dagingnya juga lebih mengkilat.

Ilustrasi daging bakar. (Shutterstock)
Ilustrasi daging bakar. (Shutterstock)

2. Daging bakar

Daging yang dibakar dalam suhu tinggi selama proses pemanggangan menghasilkan amina aromatik heterosiklik sebagai penyebab kanker. Daging yang dibakar sampai gosong juga menghasilkan hidrokarbon aromatik polisiklik bersifat karsinogenik.

Menurut Eisenberg, besi dan arang yang digunakan untuk memanggang daging juga menyebarkan zat penyebab kanker. Karena itu, orang harus menghindari atau kosumsi daging atau makanan apapun yang dibakar sampai gosong.

3. Makanan kaleng

Konsumsi makanan kaleng juga bisa menyebabkan kanker karena lapisan bisphenol (BPA) di kalengnya. Menurut Kepala penelitian gastrointestinal di Institut Kanker John Wayne di Santa Monica, Anton Bilchik, mengatakan makanan kaleng mengandung pengawet yang bersifat karsinogenik pada hewan.

Selain itu, zat bisphenol pada makanan kaleng juga terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara dan prostat.

4. Asinan

Asinan salah satu makanan yang mengandung pengawet dan nitrat bersifat karsinogenik. Sehingga konsumsi asinan dalam jumlah banya bisa meningkatkan risiko kanker perut, kerongkongan, kanker tiroid dan ovarium pada wanita.

5. Makanan tinggi garam

Menurut Victoria Manax, MD, kepala petugas medis di Jaringan Aksi Kanker Pankreas dan ahli onkologi terlatih mengatakan makanan tinggi garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan berkaitan dengan risiko kanker tertentu, termasuk kanker lambung, hidung, tenggorokan dan pankreas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS